HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN ONLINE
Abstract
ABSTRACT
The purpose of this study was to analyze: 1) The relationship between teacher professional competence and student learning independence in online learning, 2) The relationship between learning media and student learning independence in online learning, and 3) The relationship between teacher professional competence and learning media with learning independence. students in online learning. This study uses a quantitative approach with a survey method. The population of this study were all elementary school students in West Cakung Sub-district, Cakung District, East Jakarta. The research sample was 100 fifth grade students from 4 elementary schools, namely: SDN Cakung Barat 01, SDN Cakung Barat 06, SDN Cakung Barat 15, and SDN Pulogebang 03. The results showed that; 1) There is a positive and significant relationship between Teacher Professional Competence and Student Independence in Online Learning, 2) There is a positive and significant relationship between Learning Media and Student Independence in Online Learning, and 3) There is a positive relationship between Teacher Professional Competence and Learning Media together with Student Independence in Online Learning.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Hubungan antara kompetensi profesional guru dengan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran online, 2) Hubungan antara media pembelajaran dengan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran online, dan 3) Hubungan antara kompetensi profesional guru dan media pembelajaran dengan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN se-Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Adapun sampel penelitian adalah 100 siswa kelas V dari 4 SDN yaitu: SDN Cakung Barat 01, SDN Cakung Barat 06, SDN Cakung Barat 15, dan SDN Pulogebang 03. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kompetensi Profesional Guru dengan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Online, 2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Media Pembelajaran dengan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Online, dan 3) Terdapat hubungan positif Kompetensi Profesional Guru dan Media Pembelajaran secara bersama-sama dengan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Online.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisah, Siti dkk. (2018), Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di Kelas X SMA Negeri 3 Sintang. Ar Razi Jurnal Ilmiah, Vol. 6, No. 2, Agustus 2018.
Daryanto dan Muljo Raharjo. (2012). Media Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: Gava Media.
Hardianto, Deni (2012), Karakteristik Pendidik dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Online. Majalah Ilmiah Pembelajaran, Vol. 8, No. 2 (http://journal.uny.ac.id. Diakses 17 Mei 2020.
Hidayati, dkk (2010), Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Jurusan Matematika FMIPA UNY, Tahun 14, No. 1, 2010.
https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/27/ (diakses 1 Mei 2020).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19)
Kompas, 2 Mei 2020. Era Baru Pendidikan, hal. 1.
Nadhifah, Nur, dkk. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Ict Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika HIMAPTIKA UMSurabaya , Surabaya 02 November 2019.
Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Purwanto, Agus, dkk. (2020), Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid 19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, Vol. 2, No. 1, 2020.
Rahman, Arif. (2011). Instructional Technology and Media for Learning Pearson Education Inc. Jakarta: Prenada Media Group.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sufanti, Main. (2010). Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Suradika, Agus. (2000). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: UMJ Press
Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Persada Press.
Syahputra, Dedi (2017), Pengaruh Kemandirin Belajar dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian Pada Siswa SMA Melati Perbaungan. Jurnal At-Tawassuth, Vol. II, No. 2, 2017: 368-388.
Undang-undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Yamin, Martinis (2011), Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Zulfitria dan Arif, Zainal (2019), Peran Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di Bimbel HIAMA Bogor. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 24 September 2019.
DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.4.1.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.