HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN ONLINE
Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel
Referensi
Aisah, Siti dkk. (2018), Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di Kelas X SMA Negeri 3 Sintang. Ar Razi Jurnal Ilmiah, Vol. 6, No. 2, Agustus 2018.
Daryanto dan Muljo Raharjo. (2012). Media Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: Gava Media.
Hardianto, Deni (2012), Karakteristik Pendidik dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Online. Majalah Ilmiah Pembelajaran, Vol. 8, No. 2 (http://journal.uny.ac.id. Diakses 17 Mei 2020.
Hidayati, dkk (2010), Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Jurusan Matematika FMIPA UNY, Tahun 14, No. 1, 2010.
https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/27/ (diakses 1 Mei 2020).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19)
Kompas, 2 Mei 2020. Era Baru Pendidikan, hal. 1.
Nadhifah, Nur, dkk. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Ict Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika HIMAPTIKA UMSurabaya , Surabaya 02 November 2019.
Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Purwanto, Agus, dkk. (2020), Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid 19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, Vol. 2, No. 1, 2020.
Rahman, Arif. (2011). Instructional Technology and Media for Learning Pearson Education Inc. Jakarta: Prenada Media Group.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sufanti, Main. (2010). Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Suradika, Agus. (2000). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: UMJ Press
Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Persada Press.
Syahputra, Dedi (2017), Pengaruh Kemandirin Belajar dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian Pada Siswa SMA Melati Perbaungan. Jurnal At-Tawassuth, Vol. II, No. 2, 2017: 368-388.
Undang-undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Yamin, Martinis (2011), Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Zulfitria dan Arif, Zainal (2019), Peran Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di Bimbel HIAMA Bogor. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 24 September 2019.