PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL BAGI SISWA SLOW LEARNER DI SD LAB SCHOOL FIP UMJ

Tuti Haryati, Widia Winata, Ahmad Suryadi

Abstract


ABSTRACT

The problem with implementing inclusive education at SD Lab School FIP UMJ is the school's lack of attention to teacher competence and administration prepared for slow learner students, and the absence of an Individual Learning Program. The purpose of this research is to see the development of academic ability (literacy) and independent behavior of slow learner students through the development of Individual Learning Programs. The benefit of the research is that the Individual Learning Program can help slow learner students in achieving long-term and short-term goals, and slow learner students are able to participate in learning activities based on their abilities and Basic Competencies (KD). The research was conducted in class 4.1 of SD Lab School FIP UMJ. The object of the research is slow learner students in grade 4.1 SD Lab School FIP UMJ. This research method uses mixed methods (R&D) research with the ADDIE instructional design model. Collecting data from observations, interviews and documentation. The results of research on the development of the Individual Learning Program in improving academic development (literacy) and independent behavior of slow learner students experience differences and changes between pre-development and post-development. The ability to read and write pre-development 32% while post-development 61%. Pre-development arithmetic ability is 40% while post-development is 74%. The ability to behave independently pre-development 38% while post-development 97%.

ABSTRAK

Permasalahan penyelenggaraan pendidikan inklusi di SD Lab School FIP UMJ adalah kurangnya perhatian sekolah terhadap kompetensi guru dan administrasi yang dipersiapkan kepada siswa slow learner, serta tidak adanya Program Pembelajaran Individual. Tujuan pelaksanaan penelitian ini untuk melihat perkembangan kemampuan akademik (literasi) dan prilaku mandiri siswa slow learner melalui pengembangan Program Pembelajaran Individual. Manfaat penelitiannya adalah dengan adanya Program Pembelajaran Individual dapat membantu siswa slow learner dalam menggapai tujuan jangka panjang dan jangka pendek, serta siswa slow learner mampu mengikuti kegiatan belajar berdasarkan kemampuan dan Kompetensi Dasar (KD) yang dimiliki. Penelitian dilaksanakan di kelas 4.1 SD Lab School FIP UMJ. Objek penelitiannya adalah siswa slow learner yang ada di kelas 4.1 SD Lab School FIP UMJ. Metode penelitian ini menggunakan penelitian mixed methods (R&D) dengan instructional design model ADDIE. Pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian pengembangan Program Pembelajaran Individual dalam meningkatkan perkembangan akademik (literasi) dan prilaku mandiri siswa slow learner mengalami perbedaan dan perubahan antara pra pengembangan dan pasca pengembangan. Kemampuan membaca dan menulis pra pengembangan 32% sedangkan pasca pengembangan 61%. Kemampuan berhitung pra pengembangan 40% sedangkan pasca pengembangan 74%. Kemampuan prilaku mandiri pra pengembangan 38% sedangkan pasca pengembangan 97%.



Keywords


Program Pembelajaran Individual; kemampuan akademik (literasi); kemampuan perilaku mandiri; siswa slow learner; Kompetensi Dasar

Full Text:

PDF

References


Dwimarta, R. (2015a). Rancangan IEP ( Individualized Educational Program ) bagi Anak Berkebutuhan Khusus pada Pendidikan Inklusif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November, 230–236.

Dwimarta, R. (2015b). Rancangan IEP ( Individualized Educational Program ) bagi Anak Berkebutuhan Khusus pada Pendidikan Inklusif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November, 230–236.

Ekowati, D. (2015). Affective Bibliotheraphy Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Anak Slow Learner Di Sd Inklusi. Empathy, 3(1), 242104.

Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Smk Atlantis Plus Depok. Instruksional, 3(1), 1. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.1-17

Farisia, H. (2017). Strategi Optimalisasi Kemampuan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) melalui Program Pembelajaran Individual (PPI). SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(2), 1–17.

Frey, B. B. (2018). Individualized Education Program. The SAGE Encyclopedia of Educational Research, Measurement, and Evaluation, III(01), 41–49. https://doi.org/10.4135/9781506326139.n323

Ilham. (2020). PERKEMBANGAN EMOSI DAN SOSIAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. eL-Muhbib Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar ISSN 2614-1051 Volume 4 Nomor 1. 4, 162–180.

Iskandar, H. (2018). Prosedur Operasi Standar Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif Program Pembelajaran Individual. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 021, 1–17.

Mardiana, A., Muzakki, I., Sunaiyah, S., & Ifriqia, F. (2020). Implementasi Program Pembelajaran Individual Siswa Tunagrahita Kelas Inklusi. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 177–192. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2491

Marheni, K. I. (2017). Art therapy bagi anak slow learner. Prosiding Temu Ilmiah Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 154–162.

Megaiswari, M., Nurhastuti, N., Zulmiyetri, Z., & Kasiyati, K. (2019). Guidelines For The Individual Education Plan In Special Schools and Inclusive Elementary Schools. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(2), 48. https://doi.org/10.24036/sb.0120

Mursalim, M., Jusmin, J., & Wulandari, N. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Pada Siswa Kelas IV DI SD INPRES 102 MALANU Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.396

Nengsi, R., Malik, A., & A Natsir, A. F. (2021). Analisis Perilaku Peserta Didik Slow Learner (Studi Kasus Di MTsN Makassar). Education and Learning Journal, 2(1), 49. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i1.93

Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140

Purwandari, G., Winata, W., & Suradika, A. (2021). Pemberdayaan pendidikan melalui kegiatan pojok membaca di Rawakalong. Prosiding Seminar Nasional …, 1–7.

Putra, P. (2019). Implementasi Sikap Disiplin Anak Di Lembaga Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Dalam Membentuk Pengembangan Moral. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 11(1), 35. https://doi.org/10.32678/primary.v11i01.1293

Putri, F. A. R., & Fakhruddiana, F. (2019). Self-efficacy guru kelas dalam membimbing siswa slow learner. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v14i1.25161

Rofiah, N. H., & Rofiana, I. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Peserta Didik Slow Learner (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Inklusi Wirosaban Yogyakarta) Nurul Hidayati Rofiah. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 2, 2(1), 94–107.

Rosyidin, D., Zulfitria, Z., & Wicaksono, D. (2020). Pengembangan Model Case Conference Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Instruksional, 1(2), 164. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.164-171

Rovik, R. (2017). Individualized Education Program (IEP) Mata Pelajaran Kimia untuk Siswa Slow Learner. Inklusi, 4(1), 93. https://doi.org/10.14421/ijds.040105

Sandy, L. P. A., Priyono, B., & Widyanti, N. (2016). Pengaruh pelatihan menggosok gigi dengan pendekatan Program Pembelajaran Individual (PPI) terhadap peningkatan status kebersihan gigi dan mulut pada anak disabilitas intelektual sedang. Majalah Kedokteran Gigi Indonesia, 2(2), 80. https://doi.org/10.22146/majkedgiind.10742

Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin, H. (2020). Pengembangan Media Permainan Mipon’s Daily untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.428

Sebrina, A. A., & Sukirman, D. (2019). Implementasi kurikulum pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2), 98–116. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i2.19748

Shabrina, M. N., Azizah, N., & Rifqi, M. Z. (2020). Pembelajaran Tahfidz sebagai Media Menumbuhkan Karakter Tanggung Jawab pada Anak Temper Tantrum. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1099. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.511

Suradika, A & Dirgantara, W. (2019). Metodologi Penelitian. Tangerang Selatan: UM Jakarta Press

Tangse, U. H. M., & Dimyati, D. (2021). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166

Ulfah, M. M., & Winata, W. (2021). Pengaruh Verbal Abuse Terhadap Kepercayaan Diri Siswa. Instruksional, 2(2), 48. https://doi.org/10.24853/instruksional.2.2.48-52

Widayanti, C., Rusmawati, D., & Siswati, S. (2012). Profil Inteligensi Pada Siswa Dengan Kesulitan Belajar Di Sd Negeri Gisikdrono Semarang Bidang Psikologi. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 11(1), 1–10.

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062

Zakarneh, B., Al-Ramahi, N., & Mahmoud, M. (2020). Challenges of teaching English language classes of slow and fast learners in the United Arab Emirates universities. International Journal of Higher Education, 9(1), 256–269. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n1p256




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.4.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ