PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS LIVEWORKSHEETS PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR
Abstract
ABSTRACT
This research is motivated by the condition of the Indonesian state which is currently facing a covid-19 virus pandemic, requiring students to study at home, in order to avoid and break the chain of virus spread. It is in Arabic worksheets or printed books, but the readiness of schools in conducting distance learning activities is still lacking so that learning is felt to be less effective. This paper aims to describe the results of research in implementing learning Arabic for class IV remotely using Liveworksheets media at MI Al-Baidlo East Jakarta, writing methods with research and model development methods, research subjects to 27 fourth grade elementary school students in Arabic lessons. , data obtained through questionnaires and interviews and then analyzed descriptively qualitatively and quantitatively. The results of the model development show a very significant effectiveness, which means that the use of liveworkhseets is very effective in improving student learning outcomes.
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi negeri Indonesia yang saat ini sedang menghadapi pandemi virus covid-19, mengharuskan siswa untuk belajar di rumah, guna menghindari dan memutus rantai penyebaran virus, Kenyataan dilapangan, bahwa siswa cenderung sudah merasa bosan dengan model pembelajaran hanya diberikan tugas yang ada dalam lembar kerja atau buku cetak bahasa Arab, akan tetapi kesiapan sekolah dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran jarak jauh dirasa masih kurang sehingga pembelajaran dirasa kurang efektif. Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan hasil penelitian dalam mengimplementasikan pembelajaran bahasa Arab kelas IV secara jarak jauh dengan menggunakan media Liveworksheets di MI Al-Baidlo Jakarta Timur, metode penulisan dengan metode penelitian dan pengembangan model, subjek penelitian kepada 27 siswa kelas IV SD pada pelajaran bahasa Arab, data diperoleh melalui angket dan wawancara lalu dianalisis secara dekriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan model menunjukan efektifitas yang sangat signifikan, yang bermakna penggunaan liveworkhseets sangat efefktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, H., Suradika, A., Ansharullah, A. (2020). Hubungan Motivasi Dan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Hafalan Al Qur’an. Instruksional. 2 (1), 1-9. DOI : 10.24853/instruksional.2.1.1-9
Amalia Firdausia*, Imam Asrori, Mohammad Ahsanuddin. Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Web Offline pada Siswa Kelas X SMA Negeri Malang, Al-Musannif, Vol. 2, No. 2 (July-December 2020): 89–100. Hlm. 90
Gunadi, R Andi Ahmad dkk, Pengembangan Media dan Pengelolaan Sumber Belajar, Klaten: Nugra Media, 2019
Hamid Abdul, dkk, Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media,(Malang: UIN Malang Press, 2008
Hazlita Silvia, Implementasi Pembelajaran dalam Jaringan dengan Menggunakan Instagram dan Liveworksheets pada Masa Pandemi, Silvia Hazlita, Jurnal Vol.2 No.7 2021
Munadhi Yudhi, Media Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada Press, 2008
Permenag Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di madrasah https://jatim.kemenag.go.id/file/file/peraturantentangPNS/khi t1413864329.pdf diakses pada 22-08-2021 pukul 23:25Wib
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2007
Sugiyono Anas, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D, Alfabeta Bandung: 2008
Suradika, A. (2000). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: UMJ Press
Wahab Rosyidi Abduldan Ni’mah Mamlu’atul, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Maliki Press, 2011
Musi,M.A. dan Winata, W. (2017). Efektivitas Bermain Peran Untuk Pengembangan Bahasa Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran 1(2): 93-104
DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.4.1.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.