STUDI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME BERBASIS MIND MAPPING UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine creative constructivism learning in Indonesian language learning, to determine the supporting and inhibiting factors of creative constructivism learning, to determine the effect of creative constructivism learning on Indonesian language learning outcomes. This study used qualitative research methods. Data obtained by using interviews, observation and documentation. The results obtained in this study are the steps of the konstruktivisme secara kreatif learning model, namely as follows: preparation for learning, information about the konstruktivisme secara kreatif learning process, providing lesson topics, making konstruktivisme secara kreatif, guiding students and the main results of mapping, supporting factors for the konstruktivisme secara kreatif learning model, namely interest students who are serious in participating in the teaching and learning process, if students are enthusiastic in making konstruktivisme secara kreatif, the results of their work in making konstruktivisme secara kreatif are also satisfying. Besides that, complete equipment is also a success factor in the teaching and learning process to make students more creative and active.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran konstruktivisme kreatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran konstruktivisme kreatif, untuk mengetahui pengaruh pembelajaran konstruktivisme kreatif terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah langkah-langkah model pembelajaran konstruktivisme kreatif, yaitu sebagai berikut: persiapan pembelajaran, informasi tentang proses pembelajaran konstruktivisme kreatif, pemberian topik pelajaran, pembuatan konstruktivisme kreatif, membimbing siswa dan hasil utama pemetaan, mendukung faktor model pembelajaran konstruktivisme kreatif yaitu adanya minat siswa yang serius dalam mengikuti proses belajar mengajar, jika siswa antusias dalam membuat kreatif konstruktivisme maka hasil kerja mereka dalam membuat konstruktivisme kreatif juga memuaskan. Selain itu, kelengkapan peralatan juga menjadi faktor keberhasilan dalam proses belajar mengajar untuk membuat siswa lebih kreatif dan aktif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buzan, T. (2013). Buku pintar Mind Map. Gramedia Pustaka Utama.
Cahyanto, I. D., & Prabawati, M. N. (2019). Kontruktivisme dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 274–280.
Candra, & Retnawati, H. (2020). A meta-analysis of constructivism learning implementation towards the learning outcomes on civic education lesson. International Journal of Instruction, 13(2), 835–846. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13256a
DePorter, B. (2010). Quantum teaching (Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas). Penerbit Kaifa.
Gavens, N., Doignon-Camus, N., Chaillou, A. C., Zeitler, A., & Popa-Roch, M. (2020). Effectiveness of mind mapping for learning in a real educational setting. Journal of Experimental Education, 90(1), 46–55. https://doi.org/10.1080/00220973.2020.1848765
Pransiska, T. (2015). Fenomena Konstruktivistik Dalam Metode Al-Barqy Dalam Pembelajaran Al-Qur’an: Perspektif Psikolinguistik. HIKMAH, XI(2), 31–46.
Rangkuti, A. N. (2014). Konstruktivisme Dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Darul Ilmi, 02(02), 61–76.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Singh, S., & Yaduvanshi, S. (2015). Constructivism in Science Classroom: Why and How. International Journal of Scientific and Research Publications, 5(3), 1–5. www.ijsrp.org
Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping Dalam Kurikulum Pembelajaran. Elex Media Komputindo.
Triana, R., Asrin, A., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Di Sdn 2 Wakul Dan Sdn Gerintuk. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 2(1), 11–18. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.96
Tukiran, T. (2012). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru Praktik, Praktis, dan Mudah. Alfabeta.
Zuhdiana, A. A., & Mawartningsih, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Media Kartu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 604–610.
DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.4.1.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.