STUDI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME BERBASIS MIND MAPPING UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel
Referensi
Buzan, T. (2013). Buku pintar Mind Map. Gramedia Pustaka Utama.
Cahyanto, I. D., & Prabawati, M. N. (2019). Kontruktivisme dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 274–280.
Candra, & Retnawati, H. (2020). A meta-analysis of constructivism learning implementation towards the learning outcomes on civic education lesson. International Journal of Instruction, 13(2), 835–846. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13256a
DePorter, B. (2010). Quantum teaching (Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas). Penerbit Kaifa.
Gavens, N., Doignon-Camus, N., Chaillou, A. C., Zeitler, A., & Popa-Roch, M. (2020). Effectiveness of mind mapping for learning in a real educational setting. Journal of Experimental Education, 90(1), 46–55. https://doi.org/10.1080/00220973.2020.1848765
Pransiska, T. (2015). Fenomena Konstruktivistik Dalam Metode Al-Barqy Dalam Pembelajaran Al-Qur’an: Perspektif Psikolinguistik. HIKMAH, XI(2), 31–46.
Rangkuti, A. N. (2014). Konstruktivisme Dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Darul Ilmi, 02(02), 61–76.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Singh, S., & Yaduvanshi, S. (2015). Constructivism in Science Classroom: Why and How. International Journal of Scientific and Research Publications, 5(3), 1–5. www.ijsrp.org
Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping Dalam Kurikulum Pembelajaran. Elex Media Komputindo.
Triana, R., Asrin, A., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Di Sdn 2 Wakul Dan Sdn Gerintuk. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 2(1), 11–18. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.96
Tukiran, T. (2012). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru Praktik, Praktis, dan Mudah. Alfabeta.
Zuhdiana, A. A., & Mawartningsih, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Media Kartu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 604–610.