PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA SD MELALUI PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM CONTEXT

Main Article Content

Tenri Rawe
Agus Suradika
Dirgantara Wicaksono

Abstract

Pembelajaran science tidak berjalan optimal dikarenakan masih mengandalkan teori dan tidak menjalankan praktik langsung. Hal ini mengakibatkan siswa sulit mendapatkan pembelajaran bermakna. Untuk menjawab permasalahan di atas, maka peneliti ingin mengembangkan modul pembelajaran dengan model Project based Learning terintegrasi STEM Context di SDS Palm Kids Lampung. Maka produk yang akan dikembangkan oleh peneliti adalah modul ajar PjBL-STEM. Tujuan riset ini adalah: 1) Untuk mengembangkan modul PjBL-STEM pada pelajaran Science 2) Untuk menguji kelayakan modul pembelajaran PjBL-STEM pada mata pelajaran Science. 3) Untuk mengetahui efektivitas modul pembelajaran PjBL-STEM pada mata pelajaran Science. ADDIE adalah model pengembangan instruksional yang digunakan di penelitian ini. Metode yang digunakan yaitu mixed method. Objek yang akan diteliti adalah modul PjBL terintegrasi STEM Context (Laboy-Rush). Penelitian ini divalidasi oleh 2 orang ahli (ahli desain pembelajaran dan ahli materi), 1 orang guru Science dan siswa kelas 5 Sekolah Dasar Palm Kids Lampung, berjumlah 20 siswa. Hasil dari penelitian ini, yaitu bahwa terdapat 5 langkah pembelajaran di modul PjBL-STEM yang dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan kelas 5 SD materi Ecosystem pelajaran Science dibuktikan oleh hasil pre-test siswa berdasarkan indikator PjBL-STEM rata-rata adalah 61 dan nilai post-test rata-rata adalah 91,50. Selanjutnya model PjBL-STEM dihitung dengan menggunakan rumus gain ternormalisasi sehingga ada peningkatan nilai sebesar 0,8 yang berarti peningkatan skor rata-rata pada kategori tinggi, yaitu > 0,7.
Kata kunci: projectbased learning, IPA, STEM CONTEXT

Article Details

Section
Articles