PENGARUH METODE NEURO LINGUISTIC PROGRAMMING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI JAMPANG 01 BOGOR
Main Article Content
Abstract
Metode yang terkesan monoton pada mata pelajaran matematika yang membuat para peserta didik cenderung merasa jenuh, malas, dan motivasi belajarnya menurun. didik. Meskipun para siswa sudah mengikuti proses pembelajaran nyatanya masih saat hasil pada belajar, ulangan, dan materimateri yang diberikan masih jauh dari memenuhi syarat dan ketentuan yang ada pada sekolah. Oleh karena itu, peneliti tergerak untuk meneliti dan mencoba menerapkan metode pengajaran dengan menggunakan NLP pada metode hypnoteaching. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pada motivasi belajar siswa, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi experimen semu. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode neuro linguistic programming terhadap motivasi belajar siswa kelas v di sd negeri jampang 01 bogor. Pada kelas eksperimen hasil nilai pre-test sebesar 68,96 dan nilai post-test sebesar 79,03. Dan pada kelas konvensional nilai pre-test sebesar 71,58 dan nilai post-test sebesar 71,86. Adapun uji hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikansi 0,036 < 0,05. Berdasarkan data hasil penelitian ini disimpulkan bahwa NLP pada metode hypnoteaching memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar pada siswa kelas V di SD Negeri Jampang 01 Bogor. Dan pengaruh NLP terhadap motivasi belajar siswa memiliki pengaruh sebesar 9,03. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dan menjadi bahan dan perbaikan untuk pihak-pihak terkait.
Kata kunci: NLP, Metode Hypnoteaching, Motivasi Belajar
Kata kunci: NLP, Metode Hypnoteaching, Motivasi Belajar
Article Details
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.