STRATEGI PEMANFAATAN APLIKASI ADOBE PHOTOSHOP UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DESAIN GRAFIS DALAM PEMBELAJARAN TIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Main Article Content
Abstract
Perkembangan ilmu teknologi dan informasi terus berkembang pesat. Dampak dari perkembangan ini dirasakan di dunia pendidikan, baik dari sumber daya pengajar maupun peserta didik. Teknologi Pendidikan tentunya memiliki peran penting dalam dunia pendidikan, dimana mencakup segala aspek belajar manusia yang dianalisis secara kompleks dan terintegrasi. Dalam penelitian ini, penulis merancang sebuah strategi pemanfaatan media desain grafis dalam proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop dalam mata pelajaran TIK di Sekolah Menengah Pertama, yaitu pada tingkat kelas IX (Sembilan). Rumusan Masalah Penelitian ini adalah Bagaimana Strategi Pemanfaatan Aplikasi Adobe Photoshop Untuk Meningkatkan Kompetensi Desain Grafis dalam Pembelajaran TIK di SMP. Dalam hasil analisa data, tabel paired samples statistics didapatkan rata-rata hasil pretest 58,33 lalu hasil post test 84,07, terdapat peningkatan yang sangat signifikan. Berdasarkan dari pengambilan keputusan, terdapat pengaruh ”Cukup Efektif” penggunaan media pembelajaran desain grafis dalam meningkatkan hasil belajar siswa jika ditinjau dari hasil analisa N-Gain yaitu 0,65 atau 65%. Tujuan penelitian ini yaitu diharapkan guru dan siswa dapat menggunakan aplikasi desain grafis secara baik dan kreatif dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran TIK.
Kata Kunci: Desain Grafis, Photoshop, TIK, Sekolah Menengah Pertama (SMP), Teknologi Pendidikan.
Kata Kunci: Desain Grafis, Photoshop, TIK, Sekolah Menengah Pertama (SMP), Teknologi Pendidikan.
Article Details
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.