PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA

Rini Herminastiti, Andi Musda Mapappoleonro, Ratih Jatiningsih

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku sosial anak usia dini melalui metode bercerita kelompok B2 semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 2 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu perencanaan/planning, tindakan/action, observasi/observation, refleksi/reflection. Pelaksanaan penelitian berlangsung selama 2 bulan, yaitu dari bulan April-Mei 2018 dengan subjek penelitian sebanyak 12 anak, sedangkan data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perilaku sosial anak yang signifikan pada anak kelompok B2. Hal ini dibuktikan dengan hasil presentase rata-rata perilaku sosial anak yang meningkat pada setiap siklusnya yaitu pada pra tindakan sebesar 50%; siklus 1 sebesar 66%; siklus 2 sebesar 81% dan hasil wawancara menyimpulkan bahwa metode bercerita adalah menyenangkan bagi anak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita dapat meningkatkan perilaku sosial anak usia dini.


Full Text:

PDF

References


Aisyah, S, dkk. 2011. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arifin, B. 2015. Psikologi Sosial. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, S, Suhardjono, Supardi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dhieni, N, dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Gunarti, W, Lilis Suryani, Azzizah Muis. 2017. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Tangsel: Universitas Terbuka.

Helmawati. 2015. Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

https://www.google.co.id/search?q=gambar+bagan+ptk+kemmis+dan+taggart&dcr=0&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwisqIvTo_LZAhWLKo8KHQasAr0Q_AUICigB&biw=1366&bih=651#imgrc=8HW7XmhhYDVCfM:&spf=1521252688097 (Diakses tanggal 5 Maret 2018)

http://digilib.uinsby.ac.id/11245/6/babiii.pdf (diakses Sabtu 24 Maret 2018)

Hurlock, E. 1978. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Madyawati, L. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Prenadamedia group.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyadi, M. 2011. Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Praktek Kombinasinya Dalam Penelitian Sosial. Jakarta: Plubica Institute.

Purwanto, M. Ngalimun. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santrock, J. 2007. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Sarlito, W, Eko. 2014. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Sharon A. Lynch and Cynthia G. Simpson. 2010. Social Skills: Laying the Foundation for Success. Dimension of Early Childhood. Volume 38, Number 2, Spring/Summer.

Susanto, A. 2015. Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Group.

Tampubolon, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Yamac, Ahmet & Mustafa Ulusoy. The Effect of Digital Storytelling in Improving the Third Graders' Writing Skills. International Electronic Journal of Elementary Education, September 2016, 9(1),59-86 ISSN:1307-9298, IEJEE www.iejee.com.

Yaumi, M, Muljono Damopoli. 2014. Action Research: Teori, Model, & Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yudisthira, D. 2012. Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK Jakarta: Kompas Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.43-55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ