PENERAPANAN METODE PEMBIASAAN TOKEN ECONOMY UNTUK PENINGKATAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI

Wahyuni Nadar, Tina Maharani, Shally Shartika

Abstract


Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan anak usia dini melalui metode pembiasaan token economy pada siswa kelas II semester genap tahun ajaran 2016-2017 SD Cherry Jakarta Selatan. Secara khusus, kedisiplinan yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu kehadiran anak tepat waktu di sekolah. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini terdiri dari  dua siklus. Masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu, yaitu 1) planning (perencanaan), 2) acting (pelaksanaan), 3) observing (observasi), 4) reflecting (refleksi). Waktu  penelitian adalah 1 bulan yaitu dari bulan April 2017 sampai bulan Mei 2017 dengan  subjek penelitian sebanyak 11 siswa, sedangkan data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kedisiplinan yang signifikan pada siswa kelas II. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil perhitungan kuantitatif mulai dari hasil rata-rata kedisiplinan pratindakan, siklus 1 sampai siklus 2 , yaitu hasil rata-rata pratindakan = 12, siklus 1 = 13,27, siklus 2 = 15 dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa metode pembiasaan token economy dapat memotivasi kedisiplinan anak usia dini secara optimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kedisiplinan  dengan metode pembiasaan token economy dapat meningkatkan kedisiplinan anak usia dini.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

Badudu, J, J. 2015. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Corey, Gerald. 2005. Teori dan Praktek Konseling dan Terapi, Bandung: Refika Aditama.

Fairbanks, Sarah, dan George Sugai. Token Economy. University of Connecticut

Fisher, Piazza, dan Roane. Handbook of Applied Behavior Analysis

Garmo, John. 2013. Pengembangan Karakter untuk Anak. Jakarta:Kesaint Blanc

Hurlock, Elizabeth, B. 1980. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Majid, Abdul. 2012 Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Rosda

Model Pembinaan Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah, 2010. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah

Papalia, Olds, Feldman. 2009. Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.

Pedoman Akademik STKIP Kusuma Negara Tahun Akademik 2015.

Poerwadarminta,W, J, S. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Saepudin, Asep. 2014. Kumpulan Bahan Perkuliahan PTK.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani, N. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: UT.

UU Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Winata Putra, Udin, dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.56-65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ