MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS RECOUNT PADA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMETAAN SEMANTIK

Farhana Farhana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks recount siswa melalui teknik pemetaan semantik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Itu dilakukan dengan melakukan tiga siklus. Ada tiga teknik yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data, yaitu wawancara, observasi dan tes. Berdasarkan hasil temuan, penggunaan teknik pemetaan semantik dapat meningkatkan hasil evaluasi mereka. Nilai rata-rata dari tes pada siklus 1 adalah 70.17. Pada siklus 2, skor rata-rata adalah 75.86, pada siklus 3, skor rata-rata adalah 83.79. Siswa tertarik menulis teks recount melalui teknik pemetaan semantik. Tanggapan positif siswa dapat berguna untuk membuat kegiatan pembelajaran yang bermakna dan mempermudah mereka dalam memahami materi. Dari penjelasan di atas, peneliti menyimpulkan bahwa teknik pemetaan semantik dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam teks recount.


Full Text:

PDF

References


Cruse, D.A. 1986. Lexical Semantics. New York: Cambridge University.

Dilek, Yesim and Nurcihan Yuruk. 2012. Using Semantic Mapping Technique in Vocabulary Teaching at Pre-intermediate Level. Turkey: Selcuk University, Hacenepe University.

Glencoe. 2006. Literature Reading with Purpose ‘Rubrics for Assessing Student Writing, Listening, and Speaking–Middle School’. New York: McGraw–Hill Companies, Inc.

Jozsef, Horvath. 2001. Advanced Writing in English as A Foreign Language. Hungaria: Lingua Franca Csoport, University of Pecs.

Knapp, Peter and Megan Watkins. 2005. Genre, Text, Grammar Technologies for Teaching and Assessing Writing. Australia: University of New South Wales Press Ltd.

Murray, D. M. 1987. Write to Learn. New York: Holt, Rinehart, and Winston.

Morsey, Stephen. 1976. The Montreal Journal of Poetics. Canada: Vehicula Press.

Speidel, Gisele E. 1982. Oral Language in a Successful Reading Program or Hawaiian Children.

Yih, Mah Boon. 2011. A Visual and Structured Pre-writing Strategy in the Process of Essay Writing. Malaysia: Academy of Language Studies Universiti Teknologi MARA (UiTM) Cawangan Pulau Pinang.




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.66-75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ