PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

Azizah Mutiara Syawaly, Muhammad Hayun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas V materi denah dan skala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimental dengan jumlah sampel sebanyak 42 siswa yang terdiri dari 22 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian dapat terlihat dari hasil perhitungan dengan uji t independen dan diperoleh t  sebanyak 3,497 yang artinya lebih besar dari t  2.021, dengan taraf signifikansi 0,001 < 0,05, hal ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara siswa di kelas eksperimen dengan siswa di kelas kontrol. Dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas V SD Islam Al-Musyarrofah. Hasil penelitian ini diharapkan ini dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait yang dapat memanfaatkannya seperti kepala sekolah, guru, siswa, serta peneliti selanjutnya.


Keywords


Model Pembelajaran PBL;Kemampuan Representasi Matematis;Sekolah Dasar (SD)

Full Text:

PDF

References


Dewabrata, M. (2019). Hasil PISA 2018 Resmi Diumumkan, Indonesia Alami Penurunan Skor Di Setiap Bidang. (https://www.zenius.net/blog/23169/pisa 201822019standar-internasional, diakses 01 Februari 2020).

Duri, B.A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Jakarta (tidak dipublikasikan).

Hadi, S dan Novaliosi. (2019). TIMSS (Trends In International Mathematic and Science Study) http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/196/754 , diakses pada 01 Februari 2020). Hal: 563

Ismawati. (2019). Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality dan Pasir Kinetik dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Jakarta (tidak dipublikasikan).

Kamilah, S.R, Puji, B., & Iwan G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Volume 4 (2): 71.

Nuraini, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. E-jurnal Mitra Pendidikan. Volume 1 (4): 371-372.

Rangkuti, A.N. (2014). Representasi Matematis. Forum Pedagogik. Volume 6 (1): 112-113.

Rosidah, C.T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inventa. Volume 2 (1): 63, 65.

Sanjaya, I.I., Maharani, H.M & Basir, M.A. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran Berdasar Gaya Belajar Honey Mumfrod. Penelitian Didaktik Matematika. Volume 2 (2): 61.

SURADIKA, Agus, Dirgantara Wicaksono. (2019). Metodologi Penelitian . Tangerang Selatan: UM Jakarta Press.

Widyasari, N & Hayyun, M. (2017). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make A Match untuk Pembelajaran IPA yang Menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia. Volume 1 (1): 53

Wulandari, B. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. Volume 3 (2): 181-182




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.2.1.10-16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ