PENINGKATAN PERILAKU MORAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN METODE BERCERITA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran menggunakan metode bercerita untuk dapat meningkatkan perilaku moral anak usia 5-6 tahun di BKB PAUD Tunas Beringin dengan subjek penelitian berjumlah 10 anak. Indikator perilaku moral yang diteliti adalah sopan santun, kepedulian, kejujuran,mematuhi aturan dan tanggungjawab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis &McTaggart. Temuan penelitian secara kuantitatif, menggambarkan persentase kenaikan sebesar 22% dengan hasil akhir rata-rata kelas pada siklus I sebesar 59% dari sebelumnya 37% pada pra penelitian, sedangkan pada siklus II, persentase kenaikan sebesar 26% dengan hasil akhir rata-rata kelas pada siklus II sebesar 85%. Total kenaikan rata-rata kelas dari pra penelitian hingga akhir siklus II adalah sebesar 48%. Hal ini memiliki makna bahwa telah terjadi peningkatan perilaku moral anak dari pra penelitian hingga akhir siklus II. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran anak usia dini hendaknya menerapkan metode dan media yang sesuai, memberikan motivasi dan contoh nyata yang tercermin dalam keseharian
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Danim, Sudarwan dan Khairil. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Cerita untuk anak usia dini. Yogyakarta : Tiara Wacana.
Mursidin. Moral sumber pendidikan. 2011. Bogor : Ghalia Indonesia.
Miller, Patricia. H. 2011. Theories of Developmental Psycology Fifth Edition. New York : Worth Publisher.
Upton, Penney. 2012. Psikologi Perkembangan terjemahan Noermalasari Fajar Widuri. Jakarta : Erlangga.
Oswalt, Angela. Early Chidhood Moral Development. (http://gracepointwellness.org) Diunduh tanggal 30 Januari 2017, pkl. 21.34
DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.2.2.128-136
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.