UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN RESEPTIF DAN EKSPRESIF BAHASAANAK KELOMPOK B TK DENGAN BERBAGAI METODE YANG MENARIK

novi luthfiyah

Abstract


Kemampuan anak usia dini mengalami perkembangan yang sangat pesat membutuhkan stimulasi yang tepat untuk mengembangkannya, terutama kemampuan Bahasa, baik bahasa lisan maupun bahasa tulisan karena kemampuan ini yang merupakan dasar untuk mengembangkan kemampuannya yang lain.

Maka tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas dangan melakukan dua siklus menggunakan metode dan kegiatan pembelajaran yang bervariasi yang dilaksanakan diTKIT Nurul Iman adalah untuk meningkatkan  kemampuan Bahasa Reseptif dan Ekspresi  pada anak kelompok B

Hasil dari peneitian adalah pada Sklus I peneliti mendapatkan data kemampuan anak yang kurang sekali 1,8%, kurang 27,2%, cukup 36%, baik 34,6%, dan 0% baik sekali hal ini mengalami peningkatan dibandingkan sebelum dilakukan perbaikan pembelajaran, pada Siklus II didapatkan data sebanyak 0% kurang sekali, 0% kurang, 11% cukup, 51% baik, dan 38% baik sekali. Maka perbaikan pembelajaran Bahasa Reseptif dan Ekspresi anak telah memenuhi standar tuntas yang diperlukan yaitu 80% anak menguasai indikator dengan baik sebanyak 89% dan telah memenuhi standar tuntas yang diperlukan, maka terjadi peningkatan secara signifikan dari Siklus I ke Siklus II.


Keywords


Stimulasi; Bahasa Ekspresif dan reseptif; Metode pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S, dkk (2010). Perkembangan dan Konsep dasar pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dhieni, N, dkk. (2009). Metode Perkembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka.

Handayani, S dan Vienny. (2001), Merangsang empati anak. Jakarta: Umi edisi 6/XII/2001.

Handayani, S dan Zif. (2001). Bahasa asing untuk anak. Jakarta: Umi edisi 10/XIII/2001.

Handayani, S, dkk. (2001). Lima tahun pertama kehidupan masa penuh pembelajaran. Jakarta: Umi edisi 5/XIII/2001.

Handayani, S, dkk. (2001). Modal awal bagi anak gemar membaca. Jakarta: Umi edisi 5/XIII/2001.

Handayani,S , dkk. (2001). Metode permainan meningkatkan bahasa. Jakarta: Umi edisi 6/XII/2001.

Sujiono, Y dan Sujiono, B. (2001). Bermain kreatif berbasis kecerdasan jamak. Jakarta: Indeks.

Suradika, Agus, dan Dirgantara Wicaksono. 2019. Metodologi Penelitian. Tangerang Selatan: UM Jakarta Press.

Tim PKP PG-PAUD. (2012). Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.2.2.137-146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ