PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN SEBAGAI WAHANA PENINGKATAN KOMPETENSI BELA NEGARA PESERTA DIDIK

Endang Listiowaty

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembinaan ekstrakurikuler Hizbul Wathan (HW) sebagai wahana peningkatan bela negara peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di tiga sekolah. Subjek penelitian ini adalah pembina dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Juli sampai dengan Desember 2020, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk meyakini keabsahan data dilakukan triangulasi data.

Hasil penelitian. Pertama, kegiatan Ekstrakurikuler HW mengajak seluruh elemen bangsa bersatu, menjalin ukhuwah Islamiyah dan Wathaniyah, serta gotong royong dan menghormati antar sesama. Kedua, dari sisi keaktifan masih perlu ditingkatkan. Di SMA M 12 sekitar 50% yang aktif. Di SMA M 14 sekitar 50% . Selanjutnya di SMK M 12, 65 % yang aktif. Ketiga, kegiatan HW mempunyai landasan yang kokoh bagi peningkatan kualitas peserta didik, terutama dalam pemantapan keyakinan keIslaman dan kecintaan pada oMuhammadiyah. Terakhir, keempat, ditemukan sejumlah kendala dalam peningkatan kompetensi bela negara.


Keywords


Ekstrakurikuler; Hizbul Wathan; Kompetensi Bela Negara; Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Anderson, Alan H. dan Dennis Barker, 1996, Effective Enterprise and Change Management, (Blackwell Publisher Inc., Cambridge,)

Anderson, Terry Dubrin, 1998, Transforming Leadership, (St Lucie Press, Washington DC)

Affandi Ahmad, 2019, Pendidikan Kemuhammadiyahan, Jakarta: Majelis Pendidikan Dasar Dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiya,

Ahmad Jauhari, Sofan Amri, 2011, Implementasi Pendidikan Karakter Dalam pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pustaka,

Fanani Ahmad Fuad, 2018, Reimagining Muhammadiyah Islam berkemajuan Dalam pemikiran dan Gerakan, Yogjakarta: Suara Muhammadiyah

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan, Peraturan Bina Karya Mandiri,Yogajakarta: Kedai HW

______2018, Panduan Peserta Perkemahan Silaturrahim Nasional Milad Satu Abad Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan, Jakarta:

______2013, Sistem Pelatihan/Kursus Anggota Dewasa Dalam Kepanduan Hizbul Wathan.

______2013, Pedoman Upacara Pembukaan Dan Penutupan Latihan Pandu Athfal, Pengenal, Penghela.

______2013, Pedoman Administrasi Kwartir Pusat HW.

______2018, Kurikulum Kepanduan Hizbul Wathan, Yogjakarta, Kwartir Pusat.

Majalah, 2018, Suara Muhammadiyah, Edisi 18.

______, 2018, Sudirman dan Askar Perang sabil, Edisi 20.

Nashir, Haedar, 2019, Indonesia dan Keindonesaan, Yogjakarta: Suara Muhammadiyah. Omran, Ali, Kamel, 2005, Planning and Controllning, CAPSCU: Cairo Pidarta Made, 2013, Landasan Kependidika, Jakarta: Rineke Cipta.

Rosyid Muhadi Ahmad, dkk, 2019, Manifesto Cendekiawan Berfikir, Lamongan: Progresif Rais, Nurhasan, 2019, Kepanduan Hizbul Wathan & Pendidikan Kepramukaan.

Robins S.P., 1991, Organizational Behavior: Concepts, Controversies and Aplication, (Prentice Hall International I., London nc,)

Suradika, Agus. (2000). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: UMJ Press




DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.2.2.118-122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Powered by Puskom-UMJ