PERANCANGAN PERBAIKAN SISTEM INFORMASI PADA PROSES PEMBUATAN PENAWARAN SUKU CADANG DIVISI SERVICE MENGGUNAKAN METODE ANALISI PIECES DAN PENDEKATAN TERSTRUKTUR (Studi Kasus : PT. JK)

Mutmainah Mutmainah, Deti Anggraeni Akbar

Abstract


Studi dilakukan pada PT JK perusahaan kontraktor pemasang elevator dan eskalator merk Goldstar / LG / SIGMA (Agen Tunggal Pemegang Merk) dan pelayanan berupa jasa pemeliharaan dan perawatan. Divisi Service mendapatkan keluhan pelanggan perihal lamanya proses pembuatan penawaran suku cadang. Setelah dianalisa penyebabnya, kendala yang dialami dikarenakan terdapat keterlambatan pada proses pengiriman Form Permintaan Penawaran ke kantor pusat oleh Tim Operasional dan proses pembuatan penawaran suku cadang oleh Tim Marketing. Keterlambatan disebabkan karena pengiriman Form Permintaan Penawaran masih manual dan informasi pada Form Permintaan Penawaran suku cadang yang kurang spesifik, sehingga waktu aktual pelaksanaannya melebihi waktu standar yang telah ditetapkan perusahaan. Penelitian dilakukan dengan perancangan perbaikan sistem informasi proses pembuatan penawaran suku cadang. Pengolahan data menggunakan Metode Analisis PIECES dan Pendekatan Terstruktur, dengan tujuan supaya keterlambatan pada proses pembuatan penawaran suku cadang tidak terjadi lagi. Dari hasil pengolahan data dengan Analisis PIECES dan melakukan Pendekatan Terstruktur, dilakukan perbaikan dengan mengirim Form Permintaan Penawaran Suku Cadang yang dibuat dalam bentuk Excel dikirim secara online via email dan dapat diakses melalui web server. Sehingga keterlambatan pada proses pembuatan penawaran suku cadang tidak terjadi lagi dan perusahaan dapat mengatasi keluhan pelanggan.


Keywords


Keluhan Pelanggan; Perbaikan Sistem Informasi; Service; Web Server

Full Text:

PDF

References


Al Fatta, H., “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern”,_Yogyakarta, Andi Offset, 2007

Arifin, Johar, “Microsoft Office Excel 2016 untuk Profesional”, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo, 2016.

Bustomi R., dkk, “Perancangan Sistem Informasi Produksi (Studi Kasus Di PT. Selectrix Indonesia)”,_Teknik Industri, Universitas Trisakti.

Hall & Singleton, “Audit Teknologi Informasi dan Assurance, Edisi 2”, Jakarta, Salemba Empat, 2007.

Fa’izin A., “Ragam Bentuk, Bahan & Variasi Tangga”, Semarang, Griya Kreasi, 2006.

Jogiyanto, “Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik

Aplikasi Bisnis”, Yogyakarta, Andi Offset, 2009.

Jogiyanto,” Sistem Informasi Berbasis Komputer : Konsep Dasar dan Komponen, Edisi Ketiga”, Yogyakarta, BPFE, 2000.

Kusrini, K., “Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server”, Yogyakarta, Andi Offset, 2007.

Marlinda, Linda, “Sistem Basis Data”, Yogyakarta, Andi, 2004.

Mubarrok, Adib, “Rumus EXCEL”, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo, 2015.

Nugraha, D., “Pengelolaan Sistem”, Jakarta, Gramedia, 2010.

Nurjamiyah, Arie. Analisis system informasi pengolahan data nilai mahasiswa menggunakan PIECES pada STTH Medan. Prodi Sistem Informasi, Universitas Harapan Medan.

Ristono, Agus, “Pemodelan Sistem”, Jakarta, Graha Ilmu, 2010.

Tjiptono, Fandy, “Manajemen Jasa”, Edisi Kedua, Jakarta, Andy Offset, 2000. Wahyudi, B. Peracangan Sistem. Bandung. Informatika.2010.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.7.2.133-142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ