Upaya Menurunkan Reject Part Painting Plastik Menggunakan Metode Six Sigma Di PT XYZ Pegangsaan Dua

Annisa Mulia Rani, Yogi Rian Wahyudi

Abstract


PT XYZ adalah PT otomotif roda dua yang berada di Jakarta Utara. Permasalahan terbesar terjadi pada reject painting plasting sebesar 22, 5 % yang telah melewati standar dari perusahaan 4% dan dengan perhitungan diperoleh nilai sigma 3,46. Metode penelitian yang digunakan adalah konsep six sigma dengan tools yang digunakan adalah tahapan DMAIC. Tahap pertama adalah define yaitu mendefinisikan persoalan reject berupa diagram SIPOC dan Critical To Quality (CTQ) serta menentukan reject prioritas menggunakan pareto diagram. Tahap kedua yaitu measure untuk mengukur peta kendali proses dan kapabilitas proses serta menghitung nilai DPMO dan nilai sigma. Tahap ketiga yaitu analyze untuk menganalisis akar permasalahan dari reject yang terjadi menggunakan fishbone diagram dan membuat analisis dengan 5W+1H. Tahap keempat yaitu improve dimana proses ini memberikan dan melakukan usulan perbaikan berdasarkan fishbone diagram dan analisis 5W+1H. Tahap kelima adalah control dimana proses ini melakukan pengawasan terhadap perbaikan yang sudah dilakukan agar sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil dari tahapan DMAIC ini menghasilkan perbaikan pada faktor material yaitu membuat alat mesin mixer cat dan alat penempel debu untuk membuat campuran mixing cat menjadi lebih soft/halus untuk meminimalisir tejadinya reject bintik yang terjadi. Sehingga terjadi penurunan reject sebesar 20,58%. dengan Pencapaian nilai sigma menjadi 4,39 sigma.

 

 (Kata Kunci : DMAIC, Reject, Six Sigma)


Full Text:

PDF

References


Assauri S,. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi. Jakarta. Lembaga Penerbit FE UI.

Kartini, Nuri, 2019 Pendekatan Six Sigma Untuk Mengurangi Produk Cacat Pada Produksi Botol Di CV XYZ, Jurnal Spektrum Vol 17 no 1 hal 61 – 67

Kume, Hitoshi, 1988, Metode Statistik Peningkatan Mutu, Jakarta : Mediatama Sarana Perkasa

Nasution, MN., 2001, Manajemen Mutu Terpadu, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Gaspersz, Vincent, 2002, Pedoman Implementasi Program Six Sigma terintegrasi dengan ISO 9001:2000, MBNQA, dan HACCP, Jakarta : PT. Grameda Pustaka Utama

Pande, Peter S. dan Robert P. Newman dan Roland R.Cavangh 2000, The Six Sigma Way – Haw GE, Motorola, and Other Top Companies are honing Their Performance, New York : McGraw-Hill Inc.

Pyzdek, Thomas 2002, The Six Sigma Handbook, Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Rao, Ashoket al, 1996, Total Quality Mnangement, A Cross functional Perspective, Canada : JohnWiley & Sons Inc.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.8.1.35-44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ