UPAYA MEMPERBAIKI PROFITABILITAS PERUSAHAAN dengan MENEKAN BIAYA dan MENAIKAN PENJUALAN di PT ZAMASCO MITRA SOLUSINDO

Annisa Mulia Rani, Imam Yusuf, Asri Dwi Indrati

Abstract


PT Zamasco Mitra Solusindo adalah sebuah perusahaan yang memproduksi software. Perusahaan ini berdiri pada akhir tahun 2012. Pada tahun 2013 dan 2014 profitabilitas PT Zamasco Mitra Solusindo sangat rendah bahkan sampai minus yang dikarenakan pendapatan yang didapat lebih kecil dari biaya yang dikeluarkan. Maka dari itu PT Zamasco Mitra Solusindo ingin memperbaiki profitabilitas perusahaan. Upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam memperbaiki profitabilitas adalah dengan menekan / menurunkan biaya yang dikeluarkan dan menaikan penjualan. Untuk menekan biaya yang dikeluarkan perusahaan melakukan beberapa tahap proses perbaikan yaitu mengidentifikasi biaya apa saja yang dapat ditekan kemudian melakukan penekanan biaya tersebut. Penekanan biaya dilakukan dengan beberapa cara yaitu merekrut tenaga ahli yang sebelumnya freelance menjadi karyawan tetap, melakukan perhitungan komisi pelanggan sesuai nilai pembeliannya yang sebelumnya komisi dikeluarkan hanya keputusan antara direktur dan pembeli atau pelanggan, kemudian membuat anggaran entertain untuk pemakai produk bukan untuk semua karyawan perusahaan pelanggan. Untuk menaikan penjualan perusahaan melakukan perbaikan dengan merancang konsep pemasaran yang sebelumnya belum ada dan membuat strategi promosi. Konsep pemasaran dan strategi promosi dibuat berdasarkan data kuesioner pelanggan dan calon pelanggan. Kuesioner pelanggan mengenai mutu perangkat lunak dan kuesioner calon pelanggan mengenai pengetahuan mengenai perangkat lunak.Setelah dilakukan perbaikan selama ± 3 bulan, didapatkan perubahan profitabilitas. Profitabilitas tersebut naik dan bila dipersentasekan sebesar 48,72% yang awalnya adalah 34,17%. Kenaikan tersebut belum terlalu signifikan namun sudah menunjukkan hasil dari perbaikan tersebut. Dari sisi konsep pemasaran dan strategi promosi selama perbaikan didapatkan hasil jumlah penawaran yang dibuat sebanyak 22 penawaran yang sebelum perbaikan hanya berjumlah 4 penawaran selama 3 bulan.


Full Text:

PDF

References


Agnes Niken Nopitasari, Analisis Penagruh Kepuasaan Pelanggan terhadap Peningkatan Penjualan , 2011

Dermawan Wibisono. Manajemen Kinerja Korporasi & Organisasi, 2011. Penerbit Erlangga

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani A.2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi kedua. Jakarta : Salemba Empat

Ni Made Sita Wedarini , Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasaan Pelanggan.

Perdana, Anindya I Gede. 2010. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan.

Suprapto, Merancang Kuesioner , 2011..

Sofjan Assauri, Strategic marketing , 2012.1246 RAJ

Tjiptono, F.2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.2.2.55-62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ