PROSES MANUFAKTUR DAN ESTIMASI BIAYA PRODUKSI UNTUK PRODUK KELOS

Agri Suwandi, Adik Hermanto, Dede Lia Zariatin, Bambang Sulaksono, Estu Prayogi

Abstract


Alat bantu penangkapan ikan adalah alat yang digunakan sebagai pendukung kegiatan penangkapan ikan para nelayan dan kelos adalah salah satunya. Kelos berfungsi sebagai alat bantu penggulung jaring dengan bentuk seperti tabung yang mengecil pada bagian tengah serta memiliki lubang poros untuk berputar. Dalam mendukung program pemerintah khususunya Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam menyediakan alat bantu tangkap bagi nelayan menengah ke bawah, maka diperlukan penelitian tentang alat bantu penangkapan. Tulisan ini menyajikan tentang penelitian lanjutan untuk mendapatkan proses pengecoran yang optimal serta estimasi biaya produksi yang minimum. Metode manufaktur yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode design for manufacturing. Berdasarkan hasil yang didapatkan, bahwa masih terdapat cacat pada produk kelos yang dihasilkan, yaitu cacat porositas dan inklusi. Cacat porositas disebabkan oleh runtuhnya pasir pada saat proses pengecoran, sehingga ada bagian yang tidak terbentuk. Solusinya adalah dengan menambahkan komposisi cairan penguat pasir. Sedangkan cacat inkusi terjadi akibat adanya renggangan pada bagian sambungan antara cope dan drag, maka solusinya adalah dengan menambahkan bagian pengunci pada area yang mudah renggang. Perkiraan harga biaya produksi untuk 1 unit produk kelos berdasarkan hasil analisis biaya produksi, yaitu ± Rp. 7.537.530 (tujuh juta lima ratus tiga puluh tujuh ribu lima ratus tiga puluh rupiah) dengan kapasistas produksi 3-4 unit kelos siap pakai per hari.


Keywords


kelos, casting, design for manufacturing

Full Text:

PDF

References


Aryadita, L. 2018. Pengaruh Perbedaan Diameter Saluran Turun Pada Cetakan Pasir (14 mm, 18 mm dan 22 mm) Pada Pembuatan Produk Cor Sepatu Rem Tromol Dengan Bahan Alumunium . Surakarta: Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ashar, L., Purwanto, H., & Respati, S. 2012. Analisis Pengaruh Model Sistem Saluran Dengan Pola Styrofoam Terhadap Sifat Fisis Dan Kekerasan Produk Puli Pada Proses Pengecoran Aluminium Daur Ulang. Momentum, 48- 55.

Boothroyd, G., Dewhusrt, P., & Knight, W. A. 2011. Product Design for Manufacture and Assembly. Florida: CRC Press.

BSN. 2008. Istilah dan definisi - Bagian 13: Alat bantu penangkapan ikan (SNI 7277.13:2008). Jakarta: Badan Standardisasi National Indonesia.

Cahyadi, R., & Suwandi, A. 2017. Perancangan Alat Bantu Penangkap Ikan (Fishing Deck Machinery) untuk Peningkatan Produktifitas Nelayan. Seminar Nasional Sains dan Teknologi (pp. 1-9). Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Campbell, J. 2011. Complete Casting Handbook: Metal Casting Processes, Metallurgy, Techniques and Design. Waltham, USA: Elsevier Ltd.

Herbandono, K. 2011. Perancangan dan Simulasi Pengecoran pada Pembuatan Casing Turbinirect Condensing 3,5 MW. Depok: Fakultas Teknik Departemen Teknik Metalurgi dan Material.

International, A. 2009. Casting Design and Performance. Ohio, USA: ASM International.

Lasabuda, R. 2013. Pembangunan Wilayah Pesisir Dan Lautan Dalam Perspektif Negara Kepulauan Republik Indonesia. Jurnal Ilmiah Platax, 92-101.

Libyawati, W., Suwandi, A., & Agustian, H. 2017. Rancang Bangun Teknologi Modified Atmosphere Storage (Mas) Dengan Kapasitas 4,77 m3. Jurnal Teknologi, 9(2), 103-116.

Palagan, F. F. 2015. Pengaruh Model Sistem Saluran Pada Proses Pengecoran Logam Al-Si Dengan Penggunaan 15% Lumpur Porong, Sidoarjo Sebagai Pengikat Pasir Cetak Terhadap Cacat Cor Fluiditas Dan Kekerasan Cor . Jurnal Teknik Mesin , 1-11.

Pudjiastuti, S. 2015. Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 45/Permen-KP/2015: Rencana Strategis Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2015-2019. Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Retnowati, E. 2011. Nelayan Indonesia Dalam Pusaran Kemiskinan Struktural (Perspektif Sosial, Ekonomi Dan Hukum). PERSPEKTIF, 149-159.

Soemardi, T. P., & Agri Suwandi, G. K. 2016. The Effect of Temperature Increase, Holding Time and Number of Layers on Ceramic Shells Using The Investment Casting Process. International Journal of Technology, 7(6), 1035-1044.

Surdia, T., & Sinkoru, S. 2000. Pengetahun Bahan Teknik. Jakarta: Pradnya Paramita.

Tanjung, A. S., & Suwandi, A. 2017. Manufaktur Alat Bantu Penangkapan Ikan (Fishing Deck Machinery) Produksi Dalam Negeri. Seminar Nasional Sains dan Teknologi (pp. 1-6). Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24853/jurtek.11.2.127-138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi Indexed by:

Directory of Open Access JournalGoogle ScholarIndonesia Scientific Journal Database (ISJD)Index Copernicus International (ICI)Garba Rujukan Digital(Garuda)CrossrefScience and Technology Index (SINTA)Directory of Research Journal Indexing (DRJI)CiteFactorResearchgateIndonesia One SearchAcedemia.eduResearchBibAcademickeysBielefeld Academic Search Engine (BASE)JifactorPKP IndexSherpa romeo


Copyright of Jurnal Teknologi (e-ISSN:2460-0288, p-ISSN:2085-1669).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ