PENERAPAN METODE ALGORITMA BELLMAN – FORD DALAM APLIKASI PENCARIAN LOKASI PERSEROAN TERBATAS DI PT. JAKARTA INDUSTRIAL ESTATE PULOGADUNG (PT. JIEP)

Fenny Anggraini, Sugeng Mingparwoto

Abstract


Kemacetan yang terjadi selama perjalanan sering mengganggu kegiatan sehari-hari. Setiap manusia ingin sampai ke tujuan dengan tepat waktu. Tetapi sering kali kemacetan menyebabkan keinginan manusia terhambat. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu cara untuk menanggulangi masalah tersebut yaitu dengan mengetahui jarak tempuh minimum untuk mencapai suatu tempat. Persoalan lintasan terpendek yaitu menemukan lintasan terpendek antara dua atau beberapa simpul lebih yang berhubungan. Tujuannya memberikan informasi pencarian perusahaan di Kawasan Industri Pulogadung untuk memudahkan para pencari posisi perseroan terbatas menemukan letak perseroan terbatas yang dituju. Algoritma Bellman – Ford menghitung jarak terpendek (dari satu sumber) pada sebuah graph berbobot, dimana dari satu sumber menghitung semua jarak terpendek yang berawal dari satu titik node. OpenStreetMap adalah sebuah proyek berbasis web untuk membuat peta seluruh dunia yang gratis dan terbuka, dibangun sepenuhnya oleh sukarelawan dengan melakukan survey menggunakan GPS, mendigitasi citra satelit, dan mengumpulan serta membebaskan data geografis yang tersedia di publik. Open Source Routing Machine atau OSRM adalah C ++ pelaksanaan mesin routing kinerja tinggi untuk jalur terpendek di jaringan jalan. Output berupa jarak terpendek dari titik awal pengguna berada sampai ke titik tujuan pengguna.


Keywords


Lintasan terpendek, Graf, Algoritma Bellman – Ford, OSM, OSRM

Full Text:

PDF

References


Pradhana, Aditya, Bayu, 2006, “Studi Dan Implementasi Persoalan Lintasan Terpendek Suatu Graf Dengan Algoritma Djikstra Dan Bellman – Ford”.

Riyanti, Eka, 2004. “Penerapan algoritma Branch dan Bound untuk penentuan rute objek wisata”.

Sholiq, Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Utami, Handika, Sri, 2009 “Algoritma Bellman – Ford Sebagai Solusi Pencarian Akses Tercepat Dalam Jaringan Computer”.

Yudi Retanto, 2009 “Algoritma Djikstra Dan Bellman – Ford Dalam Pencarian Jalur Terpendek”.

http://algs4.cs.princeton.edu/lectures/44DemoBellmanFord.pdf




DOI: https://doi.org/10.24853/jurtek.7.1.28-34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi Indexed by:

Directory of Open Access JournalGoogle ScholarRoadIndonesia Scientific Journal Database (ISJD)Index Copernicus International (ICI)Garba Rujukan Digital(Garuda)CrossrefScience and Technology Index (SINTA)Directory of Research Journal Indexing (DRJI)CiteFactorResearchgateIndonesia One SearchAcedemia.eduResearchBibAcademickeysBielefeld Academic Search Engine (BASE)JifactorPKP IndexSherpa romeoworldcat


Copyright of Jurnal Teknologi (e-ISSN:2460-0288, p-ISSN:2085-1669).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ