SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEBISTE

Zakky Hakim, Popy Meilina

Abstract


Selama ini sistem akademik di SMPIT Avicenna masih menggunakan metode konvensional, yakni setiap pengolahan data di catat dalam buku besar, yang sering kali mempersulit dalam proses pencarian data, selain itu membutuhkan tempat dan waktu yang lebih banyak. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan membuat sebuah sistem informasi akademik di SMPIT Avicenna. Sistem informasi Akademik terdiri dari 6 aktor yaitu guru, siswa, kurikulum, kepala sekolah, admin serta tata usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Sistem Informasi Akademik yang mampu mengatasi kelemahan-kelemahan dari sistem yang sedang dipakai saat ini, agar bermanfaat Untuk membantu para aktor SMPIT Avicenna dalam pengolahan data dalam waktu yang relatif lebih singkat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggumpulkan data baik melalui wawancara maupun observasi. Sistem informasi akademik berbasis web ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan basis data MySql. Diharapkan Sistem ini dapat membantu memudahkan kinerja para aktor pada SMPIT Avicenna.

Kata Kunci : Akademik, Sistem informasi Akademik, SDLC, Waterfall, Blakbox Testing


References


Fatmawati, F. (2018, July). PEMANFAATAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI AKSES MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DALAM PERSAINGAN DUNIA PENDIDIKAN DI ERA GLOBAL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG (Vol. 5, No. 05).

Hendini, A. (2016). Pemodelan UML sistem informasi monitoring penjualan dan stok barang (studi kasus: distro zhezha pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2).

Membara, E. P., Yulianti, L., & Kanedi, I. (2014). Sistem Informasi Akademik Smp Negeri 2 Talang Empat Berbasis Web. Jurnal Media Infotama, 10(1).

Perbawa, D. S., & Nurohim, G. S. (2020). Pengujian Aplikasi Berbasis Website Dengan Black Box Testing Metode Boundary Value Analysis Dan Responsive Testing. SPEED-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 12(4).

Riwayadi, P. (2013). Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Kemajuan Pendidikan Di Indonesia. available at PLS-UM Database.

Rochman, A., Sidik, A., & Nazahah, N. (2018). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran SPP Siswa Berbasis

Web di SMK Al-Amanah. Jurnal Sisfotek Global, 8(1).

Saraswati, E. (2013). Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pringkuku. IJNS- Indonesian Journal on Networking and Security, 2(4).

Tresnasari, S., Muhamad, W., & Suryatiningsih, S. (2017). Aplikasi Berbasis Web Pengolahan Nilai Siswa Di Sekolah Dasar (studi Kasus: Sd Negeri Banjaran 04). eProceedings of Applied Science, 3(2).

Trisanto, D., & Asmarani, D. P. (2018) SISTEM INFORMASI PENJADWALAN PRODUKSI REPEAT ORDER DENGAN METODE SHORTEST PROCESSING TIME (SPT) BERBASIS WEB PADA PT CENTRAL MEGA KENCANA.

Udi, U. (2018). Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.12.3.32-37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ