ANALISIS PERANCANGAN BISNIS MODEL PADA UMKM NANAMI HOMMY FOOD

Rully Mujiastuti, Retnani Latifah, Meri Prasetyawati, Virgi Al-Fiansah, Sitti Nurbaya Ambo

Abstract


Usaha produktif dengan kepemilikan perorangan maupun badan usaha dengan kriteria tertentu merupakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Agar dapat bertahan danĀ  meningkatkan bisnisnya, maka UMKM harus melakukan perbaikan secara menyeluruh dan berkelanjutan. Untuk itu diperlukan perencanaan, agar dapat melakukan kreativitas dan inovasi, termasuk terhadap model bisnisnya. Demikian pula Nanami Hommy Food (NHF), salah satu usaha mikro yang bergerak dalam bidang kuliner, yaitu menyediakan catering pekanan dan bulanan. Nanami memiliki potensi yang cukup besar untuk meraih peluang, yaitu segmen pasar yang cukup besar di sekitar kampus di bilangan Bogor. Namun, belum adanya tenaga professional penjualan, belum adanya bisnis model, belum adanya channeling secara online sehingga jumlah reseller yang ada lambat bertumbuh, dan menyebabkan jumlah konsumen relative tidak bertambah. Tujuan penelitian ini adalah merancang bisnis model dan menganalisis bisnis model menggunakan SWOT. Metode yang digunakan adalah kuesioner, observasi dan wawancara. Hasil akhir yang diperoleh adalah sebuah bisnis model NHF dan hasil analisis setiap komponennya.

Kata Kunci: Bisnis Model, Katering, UMKM, SWOT

References


(2017, Desember 5). Retrieved from KBBI Daring: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/jurnal

Dewanto, F. (2014, Juli 31). https://www.blj.co.id/2014/07/31/pentingnya-model-bisnis/. Retrieved from blj.co.id: https://www.blj.co.id/2014/07/31/pentingnya-model-bisnis/

Krisdayanti Sinaga, T. W. (2020). STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL. jtinUNTAN, 37-44.

kumparan.com. (2022, Januari 06). https://kumparan.com/berita-update/kriteria-umkm-terbaru-menurut-pp-no-7-tahun-2021-1xFcHZA5KTd/full. Retrieved from kumparan.com: https://kumparan.com/berita-update/kriteria-umkm-terbaru-menurut-pp-no-7-tahun-2021-1xFcHZA5KTd/full

ngertihukum.id. (2021, November 12). https://ngertihukum.id/peran-umkm-sebagai-pahlawan-pemulihan-ekonomi-bangsa/. Retrieved from ngertihukum.id: https://ngertihukum.id/peran-umkm-sebagai-pahlawan-pemulihan-ekonomi-bangsa/

Peraturan.bpk.go.id. (2020, November 02). https://peraturan.bpk.go.id/. Retrieved from bpk.go.id: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/149750/uu-no-11-tahun-2020

Rully Mujiastuti, R. L. (2019). Penentuan Jenis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM. FIFO, 52-64.

Shaid, N. J. (2022, January 19). https://money.kompas.com/. Retrieved from kompas.com: https://money.kompas.com/read/2022/01/19/051518426/pengertian-umkm-kriteria-ciri-dan-contohnya?page=all




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.13.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ