PENERAPAN MODEL RESEARCH AND DEVELOPMENT UNTUK MEDIA BELAJAR DESAIN GRAFIS BERBASIS ANDROID

Ririn Agustina Sari, Mirza Sutrisno, Abdul Rahman, M. Nang Alkodri

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seperti Android belum banyak dimanfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran. Kebanyakan guru dan siswa hanya menggunakan android untuk membuka jejaring sosial atau game. Tentunya kemajuan teknologi seperti android dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran desain grafis kelas X. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem media belajar ini adalah agile. Metode ini melalui beberapa tahapan yaitu plan, design, develop, test, deploy, review dan launch. Dalam pengujiannya melalui beberapa tahapan yaitu ahli media; ahli desain; dan ahli materi, dengan nilai pengujian yang dilakukan oleh ahli: ahli media (78,30), ahli desain (78), dan ahli materi (80 dengan kriteria kelayakan Baik. Pengujian pada siswa: skala individu (80), skala kecil (80,05), dan skala lapangan (80,5) dengan kriteria Baik Sangat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android ini baik dan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran desain grafis di kelas X.


References


Apriliando, A. (2021). Implementasi Framework Laravel pada Rancang Bangun Website IAKN Palangka Raya dengan Metode Prototype. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(2). https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i2.2238

Asruddin, Rahman, A., & Rambe, J. K. (2020). Analisa SWOT Pengembangan Media Belajar Sejarah Di Sekolah Menengah Pertama Kelas IX Semester Ganjil. INTECH, 1(1), 8–16.

Cahya, L., Caroline Risya Belinda, Lorensius Dimas Triprasojo, Kezia Nathalie Margareth, & Valerya Vioretta Tantra. (2023). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Canva di Tengah Pandemi Covid-19 pada Pondok Asuh Harapan Yogyakarta. Jurnal Atma Inovasia, 3(1). https://doi.org/10.24002/jai.v3i1.5997

Hasanah, U., Muhlis, M., & Bahri, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Kelas X di SMA Negeri 1 Sape. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1081

Mawarni, H., Sholahuddin, A., & Badruzsaufari. (2022). Validitas Modul Interaktif Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 14(1).

Motors, G., & Europe, W. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Zitteliana, 19(8).

Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA. Jurnal Digit, 10(2). https://doi.org/10.51920/jd.v10i2.171

Mukhsinah, M., Akib, E., & Akhir, M. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJEK BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN DAN MINAT MENULIS BAHASA INDONESIA KELAS IV. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 7(1). https://doi.org/10.32529/glasser.v7i1.1881

Naibaho, T., Herawati Simangunsong, V., & Sihombing, S. (2022). Penguatan Literasi Dan Numerasi untuk Mendukung Profil Pelajar Pancasila sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika. SEPREN.

Rahman, A. (2020). Rapid Application Development Sistem Pembelajaran Daring Berbasis Android. Jurnal Intech, 1(2), 20–25. https://doi.org/https://doi.org/10.54895/intech.v1i2.639

Rosidi, A. (2022). MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM KEBIJAKAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DAN MADRASAH. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1). https://doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6324

Wahyuningtyas, D., & Okimustava, O. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID GUNA PENUNJANG BELAJAR SISWA DI ERA SOCIETY 5.0. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 7(1). https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6410

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2). https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yuamita, F., & Amalia, U. (2023). PERANCANGAN MEDIA BELAJAR ANTROPOMETRI BERBASIS AUGMENTED REALITY. JURNAL DISPROTEK, 14(1). https://doi.org/10.34001/jdpt.v14i1.4456




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.13.2.100-111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ