LITERATURE REVIEW : ANALISIS METODOLOGI PERANCANGAN APLIKASI TOEFL (TEST OF ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE) DI INDONESIA
Abstract
English Proficiency Index (EPI) atau Indeks Kecakapan Bahasa Inggris tahun 2022 menunjukkan bahwa secara Global, Indonesia berada pada posisi ke-81 dari 111 negara, dan dalam kategori rendah. TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah salah satu tes kecakapan berbahasa Inggris untuk non-English native speaker. Tes TOEFL diperlukan baik untuk keperluan akademik maupun profesional, serta untuk hal-hal umum lainnya. Seiring dengan perkembangan di bidang Information Technology (IT), maka banyak muncul aplikasi TOEFL yang dapat membantu penggunanya. Tujuan studi ini adalah melakukan kajian literature terhadap penelitian tentang penggunaan model metodologi dalam perancangan aplikasi TOEFL. Metode penyusunan artikel ini didasarkan pada metode kajian literatur. Studi ini mengidentifikasi berbagai metodologi yang digunakan dalam merancang aplikasi TOEFL. Hasil kajian menunjukkan bahwa metode waterfall menjadi yang paling umum digunakan. Sedangkan pengujian sistem paling banyak dilakukan menggunakan metode Black-Box Testing. Tinjauan ini memberikan gambaran tentang jumlah artikel yang diterbitkan tentang desain aplikasi TOEFL di Indonesia dan metode yang digunakan dalam setiap penelitian. Diharapkan dengan adanya literature review ini dapat membantu penulis lain dalam mencari literatur atau referensi mengenai analisis metodologi dalam perancangan aplikasi TOEFL.
Kata Kunci: Aplikasi TOEFL, Blackbox Testing, Kajian Literatur, WaterfallFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad, F. (2018). Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle dan Linear Congruent Method Pada Simulasi Ujian Toefl Berbasis Android. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 5(1), 653–660.
Arviansyah, Y., Nurfaizah, N., & Waluyo, R. (2020). Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle Pada Aplikasi TOEFL Preparation Berbasis Web. Jurnal Buana Informatika, 11(2), 112–122. https://doi.org/10.24002/jbi.v11i2.3622
Budikusuma, I., & Susanto, E. S. (2022). Pengembangan Aplikasi Toefl Practice Exam Berbasis Website Pada Universitas Teknologi Sumbawa. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 6(1), 75–78. https://doi.org/10.36040/jati.v6i1.4446
Bustam, M., Nurfadillah, R. A., Tsaniya, F. N., & Dewi, D. N. (2022). Virtual reality used in English proficiency test based on apps. Journal of Language and Pragmatics Studies, 1(1), 25–31.
Chandra, E. N., & Kusumadewi, H. (2018). Pengenalan Aplikasi Memrise untuk Meningkatkan Kompetensi Bahasa Inggris melalui TOEFL. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(03), 224. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i03.1835
Dwihana, Y. A., & Bisri, A. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Sistem Ujian TOEFL Menggunakan PHP & MySQL Berbasis Framework CodeIgniter. Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 4(1), 14. https://doi.org/10.24014/coreit.v4i1.5911
English First. (2022). English Proficiency Index. Retrieved July 20, 2023, from EF EPI 2022 Regional Fact Sheet website: https://www.ef.com/ca/epi/regions/asia/indonesia/
Gunawan, K. (2022). Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD Aplikasi Ujian Dan Penilaian TOEFL Berbasis Komputer Client Server Dengan Metode Linear Congruent Method Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD. 5(2), 205–213.
Kemala, R. F., Astuti, I. F., & Maharani, S. (2019). Penerapan Metode Fuzzy C-Means Pada Aplikasi Simulasi TOEFL (Test Of English As A Foreign Language) Berbasis Web (Studi Kasus: Fakultas MIPA Universitas Mulawarman). Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 14(1), 17. https://doi.org/10.30872/jim.v14i1.1954
Kurniawan, R., & Prisadha, F. (2022). Simulasi Ujian Persiapan TOEFL Berbasis Web dengan Menggunakan Metode Incremental Process Model. JOINT (Journal of Information Technology), 04(02), 16–23.
Leovin, Wirastuti, N. M. A. E. D., & Saputra, K. O. (2022). TOEFL (Test of English as a Foreign Language) Test Plugin Untuk Moodle. Jurnal SPEKTRUM, 9(1), 1–6. https://doi.org/10.1002/9781118784235.eelt0358
Mulyadi, A., & Purwanto, D. (2019). Aplikasi Simulasi Toefl (Test of English As a Foreign Language) Berbasis Android Memanfaatkan Algoritma Fisher Yates Shuffle (Studi Kasus : Lc Universitas Bina Darma). Bina Darma Conference on Computer Science, 58–77. Retrieved from https://conference.binadarma.ac.id/index.php/BDCCS/article/view/60
Mulyapradana, A., Anjarini, A. D., Elshifa, A., Gulam, H., & Winarsih, W. (2023). Pengenalan dan latihan soal tes TOEFL guna meningkatkan kemampuan bahasa inggris pada mahasiswa. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 51–60. https://doi.org/10.36407/berdaya.v5i1.823
Nasser, R., & Saldriani, P. (2019). Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Simulasi Toefl Berbasis Desktop. Prosiding Semantik, 2(2011), 184–191. Retrieved from http://journal.uncp.ac.id/index.php/semantik/article/view/1514
Putrawasyah, F., & Wahyuni, C. T. (2019). Aplikasi Computer Based Test Toefl Pada Carrier and Traning Centre Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), 4(2), 108–117. https://doi.org/10.32767/jutim.v4i2.571
Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409
Rizkiyah, U., & Sukamta, S. (2017). Aplikasi Simulasi TOEFL ITP âTOEFL OS (Offline Simulation)â Berbasis Android. Edu Komputika Journal, 4(2), 53–53.
Sa’dah, S., & Arianti, B. D. D. (2019). Aplikasi Simulasi Tes Toefl Berbasis Android di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(1), 30. https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i1.1391
Sakina, R. (2021). Pelatihan Strategi Meningkatkan Skor TOEFL : Fokus pada Bagian Structure. Jurnal AbdiMU, 01(01), 26–32. Retrieved from http://journal.masoemuniversity.ac.id/index.php/abdimu
Sari, Y. P. (2018). Perancangan dan Implementasi Aplikasi TOEFL pada Perangkat Android. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 3(3), 110. https://doi.org/10.32493/informatika.v3i3.2018
Silfia, E., Dewi, S., Munawwaroh, K., Melati, E., & Hafrida, L. (2022). Pelatihan Toefl Preparation Course Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Fkip Universitas Batanghari. Jurnal Abdimas Adpi Sosial Dan Humaniora, 2(4), 195–200. https://doi.org/10.47841/soshum.v2i4.56
Sri Andayani, E. (2022). the Importance of Learning and Knowing English in Higher Education in Indonesia. Research and Development Journal Of Education, 8(1), 372–379. Retrieved from http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.13315
Wang, Y. (2019). The impact of TOEFL on instructors’ course content and teaching methods. Tesl-Ej, 23(3), 1–18.
DOI: https://doi.org/10.24853/justit.13.2.92-99
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License