DIGITALISASI MANAJEMEN TUGAS AKHIR DI PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN DENGAN SISTEM INFORMASI WEB-BASED

Anggi Novita Dewi, Supriyono Supriyono, Syafiul Muzid

Abstract


Tugas akhir merupakan salah satu syarat akhir dalam pendidikan akademis bagi mahasiswa sebelum menyandang gelar sarjana. Tugas Akhir yang bertujuan untuk menguji kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh selama proses pembelajaran. Dalam penyusunannya, mahasiswa dibimbing oleh dosen pembimbing sebagai pengarah dalam menyelesaikan tugas akhir tugas akhir. Beberapa permasalahan yang terjadi dalam proses bimbingan ketika pengajuan judul hingga laporan. Kurangnya kejelasan struktur dalam proses bimbingan hingga administrasi tugas akhir mengakibatkan mahasiswa kesulitan dalam proses penyelesaian tugas akhir dalam kurun waktu yang ditentukan. Maka dari itu dilakukanlah penelitian dengan merancang dan membangun sistem pengelolan tugas akhir secara digital dengan web-based yang dilengkapi notifikasi whatsapp dan chatbot. Dalam pengembangannya menggunakan metode extreme programming (XP) selanjutnya dalam perancangan menggunakan Unified Modelling Languange (UML). Menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman dan database MySql. Hasil dari penilitian ini adalah sistem yang dibuat diharapkan dapat membantu meminimalisir terjadinya resiko dalam pengelolaan tugas akhir, sehingga data dan informasi penting dapat tersimpan dan terorganisasi dengan baik, dan dapat diakses dimanapun kapanpun.

Kata Kunci: Manajemen Tugas Akhir, Program Studi Teknik Mesin, Web-Based, Notifikasi Whatsapp, Chatbot


References


Ena Sukmana. (2015). Digitalisasi Pustaka.

Lismiati Manguling, Johan J.C., & Tambotoh. (2023). Perancangan Aplikasi Penyewaan Kendaraan Bermotor Berbasis Web Menggunakan Metode Agile Development. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 12, 862–873.

Lukmana Ahmad, & Munawir. (2018). Sistem Informasi Manajemen. Lembaga Komunitas Informasi Teknologi Aceh.

Muhammd Robith Adani. (2018, November 24). Aplikasi Berbasis Web. Sekawan Media.

Prabowo, M. (n.d.). METODOLOGI PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI.

Rosa A Sukamto, & M Shalahuddin. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bndung.

Supriyatna, A. (2018). METODE EXTREME PROGRAMMING PADA PEMBANGUNAN WEB APLIKASI SELEKSI PESERTA PELATIHAN KERJA. JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, 11(1), 1–18. https://doi.org/10.15408/jti.v11i1.6628

Utoyo, D., Agus Triyanto, W., & Muzid, S. (n.d.). SISTEM INFORMASI MONITORING BIMBINGAN SKRIPSI BERBASIS WEB RESPONSIF PADA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS MURIA KUDUS Penulis Korespondensi. http://www.jurnal.umk.ac.id/sitech




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.14.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ