ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PENGGUNAAN E-TICKET SEBAGAI PLATFORM DIGITAL PO.RAYA DI TERMINAL PULOGADUNG, JAKARTA TIMUR.

Sandy Pria Nanda Susilo, Suharyadi Suharyadi

Abstract


Penggunaan internet yang kian pesat mendukung munculnya new system pada e-commerce sehingga menghasilkan tiket digital (e-ticket) yang pertama kali digunakan di tahun 1998. Pada tahun 2007, dilakukan penelitian oleh IATA dan membuktikan bahwa 88% masyarakat memilih melakukan pembelian tiket digital di sebuah website internet. Penelitian ini dilakukan agar pembaca mengetahui gambaran mengenai tingkat kepuasan para pelanggan dan metode apa yang paling tepat untuk menarik minat para pelanggan yang ingin melakukan mobilisasi menggunakan PO. Raya. Metode penelitian ini menggunakan mix method dengan pengujian data yang dilakukan di Program for Social Science (SPSS), dan ke-valid an pada penelitian ini dapat dilihat dari uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment dan uji reabilitas menggunakan teknik cronbach's alpha yang digunakan untuk menentukan jawaban responden. Adapun hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa platform tiket.com lebih banyak diminati oleh para pelanggan bus PO. Raya di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur dengan rata-rata indeks skala linkert di nomor 4, yang berarti para pengguna yang memilih tiket.com sebagai platform digital pemesanan e-ticket sudah berada pada kategori puas terhadap platform tersebut.

Kata kunci :  E-ticket, Sistem Digital, Platform


References


Chrisdianti, G. O., Handayani, P. W., Azzahro, F., & Yudhoatmojo, S. B. (2023). Users’ Intention to Use Mobile Health Applications for Personal Health Tracking. Jurnal Sistem Informasi, 19(1), 1–12. https://doi.org/10.21609/jsi.v19i1.1196

Dodi Sukma R.A, Hardianto, R., & Heleni Filtri. (2021). Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Pada Era Pandemi COVID-19. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 3(2), 130–142. https://doi.org/10.31849/zn.v3i2.8353

Jalaluddin, M. H. H., Amalia, S., Herlinda, H., & Magfirah, M. (2023). Analisis Perbandingan Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pengguna Aplikasi Transportasi Di Lingkungan Universitas Dipa Makassar. Dipanegara Komputer Sistem Informasi, 17(1), 126–133.

Manurung, R. (2019). Perancangan dan Analisis Sistem Informasi Persediaan Barang pada CV UMA HANA. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 14(1), 64–72. https://doi.org/10.30864/jsi.v14i1.239

Meilanitasari, P., & Ibrahim, M. F. (2023). Development of Integrated Warehouse Application for Retail Business with Multi-Echelon Demand using Open-source ERP System. Jurnal Sistem Informasi, 19(2), 48–60. https://doi.org/10.21609/jsi.v19i2.1294

NFH, A., Syahrul, S., & Dewi, S. S. (2021). Analisis Usability Menggunakan Model Use Questionnaire Pada Sistem Informasi Persuratan Akademik Fakultas Teknik UNM. Jurnal Media Elektrik, 19(1), 1. https://doi.org/10.26858/metrik.v19i1.25596

Pinem, A., Handayani, P. W., & Winona, C. M. (2023). The Influence of Information Types and Search Intention in Using Branded Or Generic Search Query. Jurnal Sistem Informasi, 19(2), 17–33. https://doi.org/10.21609/jsi.v19i2.1283

Rosana, A. S. (2021). Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Media di Indonesia. Gema Eksos, 5(2), 146–148. https://www.neliti.com/id/publications/218225/kemajuan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-industri-media-di-indonesia

Yang, P., Untuk, S., & Mahasiswa, P. (2023). Pemanfaatan kecerdasan buatan pada algoritma k-means klastering dan sentiment analysis terhadap strategi promosi yang sukses untuk penerimaan mahasiswa baru. 1–6.

Hidayat, S., Silvanie, A., Kristantini, R. A., & Subekti, R. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Android Untuk Menemukan Lokasi Umkm Terdekat Dengan Google Map Api Dan Haversine Distance. Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (Simika), 6(2), 122–133. https://doi.org/10.47080/simika.v6i2.2729

Maulana, A., Ashari, M., & Dores, A. (2023). Implementasi Sistem Rekomendasi Pada Sistem Informasi Seminar. 13(3), 151–156. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.14.3.150-162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ