PERANCANGAN PROGRAM ABSENSI KARYAWAN BERBASIS WEB DASHBOARD DAN ARDUINO ESP8266 PADA PT. MILLENIO AMERTA DATA

Alwan Cavendis, Ahmad Jurnaidi Wahidin

Abstract


PT. Millenio Amerta Data merupakan perusahaan yang bergerak pada proyeksi pengembangan perangkat lunak. Menawarkan fitur kompresi data tanpa menurunkan kualitas file pada awalnya. Absensi Karyawan yang digunakan masih menggunakan sistem manual. tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sistem informasi data yang terstruktur dan efisien salah satunya di bidang absensi karyawan. Absensi karyawan yang masih manual akan membuat cukup banyak waktu dalam proses pendataan mengakibatkan terjadinya pendataan yang tidak akurat dan terjadinya manipulasi data. maka dari itu, penulis membuat sebuah inovasi teknologi dengan membuat program absensi karyawan berbasis web dashboard dengan Arduino EPS8266 menggunakan kartu RFID. Aktvitas pengolahan data menjadi lebih baik dan teknik pengambilan data absensi dilakukan secara real-time sebagai program untuk membantu sistem absensi karyawan di lingkup perusahaan. Data tidak lagi dimasukan dengan cara manual melainkan data yang diterima dapat dikelola dengan baik. Pembuatan laporan absensi karyawan dilakukan dengan cepat dan akurat sehingga kesalahan dalam perhitungan laporan dapat diminimalisir dan juga dapat lebih mudah memantau dan mengelola laporan absensi karyawan.


References


Alawiyah, T. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Absensi Siswa Berbasis Web Pada SMAN 1 Singaparna. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 6(2), 138–150.

Andi Rozzi, Y., Fredricka, J., & Putri Arimi, E. (2023). SISTEM MONITORING KUALITAS UDARA DENGAN APLIKASI THINGER.IO. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=bpPhEAAAQBAJ&pg=PA36&dq=pengertian+arduino+software&hl=id&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwiI37jYxauGAxWNRmcHHYrvA6EQ6AF6BAgIEAI

Asshiddiqi, F. F., Triayudi, A., & Aldisa, R. T. (2022). Pembangunan Smart Detection Absensi Berbasis Kartu RFID dan ESP 32. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 4(1), 204–209.

Fadillah, M. A., & Ikasari, I. H. (2023). Literature Review: Implementasi Perancangan Sistem Informasi Absensi Karyawan Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. JRIIN: Jurnal Riset Informatika Dan Inovasi, 1(3), 577–581.

Maulidah, N. (2022). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI PEGAWAI BERBASIS WEB PADA ELAUNDRY. CONTEN: Computer and Network Technology, 2(2), 99–107.

Mukti, A. R. (2022). Perancangan Smart Home Menggunakan Konsep Internet of Things (IOT) Berbasis Microcontroller. JUPITER: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer, 14(2–c), 516–522.

Nahdi, F., & Dhika, H. (2021). Analisis Dampak Internet of Things (IoT) Pada Perkembangan Teknologi di Masa Yang Akan Datang. INTEGER: Journal of Information Technology, 6(1).

Trimahardika, Z., Huda, M. I., & Djutalov, R. (2023). Perancangan Sistem Aplikasi Absensi Berbasis Web Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP di PT. Muloska Pratama. Journal of Research and Publication Innovation, 1(2), 421–427.

Ultariani, N., Putra, N., & Amroni, A. (2020). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Dan Penjualan Pada Toko Ria Bangunan Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic 2010 Dan Database Mysql. Jurnal Digit: Digital of Information Technology, 10(2), 220–229.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.15.1.291-298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ