PERANCANGAN APLIKASI MOBILE BERBASIS ANDROID "CALL EXPERT" UNTUK MENGHUBUNGKAN PENGGUNA DENGAN PAKAR MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

Hikmal Dwi Rifa'i, Umar Faruq Vista, Rapina Rapina, Putri Rantika

Abstract


Dalam perkembangan teknologi berbasis Android, sistem informasi dan teknologi berkembang dengan cepat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dengan menggunakan Android, transaksi bisnis antara penyedia dan pengguna layanan menjadi lebih mudah dan terhubung. Salah satu solusi yang dikembangkan adalah aplikasi Android "Call Expert", yang menghubungkan pengguna dengan pakar atau tukang melalui metode yang sebelumnya masih manual. Selain kesulitan mendapatkan informasi tentang jasa tukang, masalah lain yang dihadapi  masyarakat adalah kesulitan menemukan tukang yang sesuai dengan anggaran dan kualitas yang diinginkan. Selain itu, penyedia layanan juga kesulitan dalam merekrut pekerja karena mereka cenderung hanya menerima pekerja yang sudah dikenal dan biasanya berasal dari wilayah tempat tinggal mereka. Adapun diagram yang digunakan adalah diagram aktivitas untuk menggambarkan prosedur sistem berjalan yaitu prosedur penyewaan dan pembayaran, dalam prosedur penyewaan, pelanggan datang ke toko untuk memeriksa ketersediaan tukang, kemudian admin perusahaan memberikan informasi mengenai ketersediaan tersebut, dan pelanggan pun menyewa. Sedangkan pada prosedur pembayaran setelah menyewa dan mendapat nota, pelanggan membayar ke admin perusahaan. Diagram dalam prosedur sistem yang diusulkan meliputi usecase, activity, class, dan sequence diagram. Aplikasi berbasis Android ini dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam menemukan dan menghubungi tukang yang tersedia di setiap kota dan yang mereka butuhkan, hal ini menjadikan proses lebih efisien.


References


S. S. Ramadhan, H. M. T. Alawiy, and O. Melfazen, “Tukang Bangunan Berbasis Android ( Kabupaten Manggarai Barat ),” pp. 1–7, 2019.

M. I. Alwin and F. P. Aditiawan, “Aplikasi Layanan Jasa Tukang Berbasis Website,” INTEGER J. Inf. Technol., vol. 7, no. 2, pp. 93–99, 2022, doi: 10.31284/j.integer.2022.v7i2.3298.

I. Humaini, “Jurnal Pengabdian Masyarakat dan aplikasi Teknologi (Adipati) Aplikasi Mobile Pemesanan Jasa Barbershop Menggunakan Firebase Realtime Database,” J. ADIPATI, vol. 01, no. 02, pp. 60–67, 2022, [Online]. Available: https://ejurnal.itats.ac.id/adipati/

W. Hidayat M, N. Asia, N. Ain, R. H. Putri, R. M. Mirdad, and M. A. Leo, “Inovasi Jasaku: Pengaruh Website Terhadap Kemudahan Perbaikan Rumah Oleh Tukang Dan Masyarakat,” J. Vocat. Informatics Comput. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2023, doi: 10.61220/voice.v1i1.20231.

R. Petrus and M. Bajari, “Sistem Informasi Layanan E-Business Pada Jasa Service Elektronik Berbasis Android,” Jinteks, vol. 5, no. 3, pp. 539–543, 2023.

A. H. As’ ari and A. Suhendar, “Penerapan Model Waterfall pada Sistem Manajemen Jasa Tenaga Kerja Bangunan Berbasis Android,” J. Inf. Syst. Res., vol. 5, no. 2, pp. 348–354, 2024, doi: 10.47065/josh.v5i2.4549.

M. A. Pratama and I. vitra Paputungan, “Pengembangan KANGTUKANG dengan Metodologi Rapid Application Development,” Autom. Disem. Tugas AKhir Mhs., vol. 4, no. 2, 2023.

R. Ferdinan and M. Fachrie, “Pengembangan Aplikasi Jasa Service Peralatan Elektronik Berbasis Android Menggunakan Payment Gateways,” J. Indones. Manaj. Inform. dan Komun., vol. 5, no. 1, pp. 954–963, 2024, doi: 10.35870/jimik.v5i1.563.

M. Ali, Z. Sidiq, M. I. Anshori, and R. A. Yaqin, “Penerapan Arsitektur Monolitik Pada Aplikasi Jasa Service Online Tekku Berbasis Web,” vol. 6, pp. 27–36, 2024.

Rusman Tangilomban, Muttaqin, and Deasy Mauliana, “Penerapan Reviu Pengadaan Barang/Jasa Secara Online Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan,” J. Adm. Publik, vol. 18, no. 2, pp. 231–262, 2022, doi: 10.52316/jap.v18i2.119.

A. Setiawan, “Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Jasa Kerja Online Berbasis Android,” J. Comput. Sci. Inf. Technol. Progr. Stud. Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 64–72, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JCoInT/index

A. W. Syahroni and S. Slamet, “Rancang Bangun Aplikasi Jasa Online Berbasis Mobile,” Respati, vol. 15, no. 3, p. 102, 2020, doi: 10.35842/jtir.v15i3.378.

M. Abdilah, V. Yasin, and A. B. Yulianto, “Rancang bangun aplikasi manajemen sistem pelayanan penyediaan jasa berbasis online,” J. Manaj. Inform. Jayakarta, vol. 2, no. 1, pp. 103–114, 2022, [Online]. Available: http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/JMIJayakarta

Janiver, W. Janis, D. J. Mamahit, B. A. Sugiarso, and A. M. Rumagit, “Rancang Bangun Aplikasi Online SistemPemesanan Jasa Tukang Bangunan BerbasisLokasi,” J. Tek. Inform., vol. 15, no. 1, p. 1, 2020.

E. Safitri and D. Erlansyah, “Sistem Informasi Pemesanan Jasa Tukang Online Berbasis Website,” J. Jupiter, No. 2 Bulan Oktober, Tahun 2022 , Hal. 216 - 226, vol. 14, pp. 216–226, 2022.

Bagus Pribadi Putra and Siti Aliyah, “Implementasi Layanan Penyedia Jasa Tukang Kebun Berbasis Android,” J. Ilm. Tek. Inform. dan Komun., vol. 3, no. 1, pp. 19–31, 2023, doi: 10.55606/juitik.v3i1.371.

M. S. N. Wahid, A. M. Najafi, A. Sihaj, R. Alik, and A. A. Z. Irsani, “TECHNES: Penyedia Layanan Jasa Service Berbasis Aplikasi Android,” Indones. Technol. Educ. J., vol. 01, pp. 83–93, 2023, [Online]. Available: https://journal.diginus.id/index.php/ITEJ/article/view/180

A. Oktavianto, K. Zuhri, Y. Yuniarthe, and R. Hendri, “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Jasa Service Sepeda Motor Berbasis Android,” J. Teknol. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2022, doi: 10.57084/jeda.v3i1.989.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.15.1.308-318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ