SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN RUANGAN DAN BARANG PADA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA BERBASIS WEBSITE
Abstract
FT-UMJ memiliki banyak ruangan dan barang, ruangan dan barang ini merupakan sarana sebagai tempat kegiatan seperti, belajar mengajar, seminar, workshop, rapat Lembaga dan kegiatan lainnya. Saat ini, proses peminjaman ruangan dan barang di universitas masih dilakukan secara manual. Sistem peminjaman secara manual ini mengakibatkan sejumlah masalah, seperti jadwal yang sama dengan peminjam lain, kurang efektif dalam mengelola jadwal ruangan dan barang, dan waktu yang terbuang akibat proses peminjaman yang cukup lama. Untuk itu diperlukan sebuah solusi yang dapat menangani masalah ini. Hasil analisis dari observasi dan wawancara pengembangan sistem yang digunakan yaitu dengan metode SDLC (Software Development Life Cycle). Kontruksi sistem menggunakan bahasa pemograman PHP dan basis data MySQL. Pengujian yang dilakukan menggunakan metode Black Box Testing. Fungsional utama yang diidentifikasi pada tahap analisis kebutuhan berupa kemampuan sistem menyediakan peminjaman ruangan dan barang secara online, data statistik peminjaman ruangan dan barang, dan riwayat peminjaman ruangan dan barang.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24853/justit.15.1.299-307
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License