PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGARSIPAN DAN PERMOHONAN SURAT ONLINE “SIPADU” DI TINGKAT KECAMATAN BERBASIS WEB

Nanang Hunaifi, Agung Baitul Hikmah, Ai Nurhasan

Abstract


Salah satu dampak negatif dari tidak tercatatnya data penduduk diantaranya adalah adanya identitas ganda penduduk yang dapat disalahgunakan, pendatang baru yang tidak dikenal sering dimanfaatkan untuk kegiatan terorisme, terhambatnya pengurusan lain yang memerlukan surat keterangan seperti pembuatan SIM, BPJS, NPWP dan sebagainya. Saat ini, pengolahan data dan proses pengarsipan di kecamatan dilakukan dengan bantuan komputer namun belum optimal. Tidak adanya sistem yang diperlukan untuk pengurusan data kependudukan, kelahiran dan kematian  menjadi salah satu kendala dalam administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem yang dapat membantu masyarakat dalam pengajuan surat secara online dan memudahkan pengarsipan di kantor kecamatan. Sistem ini dirancang dengan metode waterfall dan pemodelan Unified Modeling Language (UML) kemudian diimplementasikan menggunakan pemrograman web dan basis data PHP MySQL. Black Box Testing digunakan sebagai pengujian fungsional sistem. Hasil penelitian ini adalah telah dikembangkannya sistem informasi pengarsipan dokumen dan permohonan surat online di tingkat kecamatan yang diberi nama “Sipadu”. Sebanyak 71% pengguna menyatakan sistem ini mudah digunakan berdasarkan Usability testing.

Kata Kunci: egoverment, internet, sistem informasi, surat, website


References


Asmar, A. R. (2017, Juni). PELAYANAN PUBLIK DI BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (Studi Kasus Kota Makassar). Jurisprudentie, 4(1), 1-24.

Firmansyah, R. (2018, March). USABILITY TESTING DENGAN USE QUESTIONNAIRE PADA APLIKASI SIPOLIN PROVINSI JAWA BARAT. Swabumi (Suara Wawasan Sukabumi), 6(1), 1-7.

Hikmah, A. B., & Supriadi, D. (2014, Oktober). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Tiket Bus Online Berbasis Web dengan menggunakan metode waterfall. Jutekin (Jurnal Teknik Informatika), 2(2), 49-60.

Hikmah, A. B., Supriadi, D., & Alawiyah, T. (2015). Cara Cepat Membangun Website dari Nol. Yogyakarta, Indonesia: CV. Andi Offset.

Ibrahim, A., Rifai, A., & Oktarina, L. (2016, April). RANCANG BANGUN APLIKASI PENCATATAN DATA KEPENDUDUKAN KELURAHANPAHLAWAN BERBASIS WEB. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 8(1), 947-957.

Mohanty, I., & Gebremedhin, T. A. (2018, March). Maternal autonomy and birth registration in India: Who gets counted? Plos One, 13(3), 1-19.

Muslihudin, M., & Oktafianto, O. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta, Indonesia: CV. Andi Offset.

Rahmatillah, I. R., & Hikmah, A. B. (2018, Mei). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Data Umroh (Studi Kasus: PT. Utsmaniyyah Hannien Tour Tasikmalaya). Indonesian Journal on Computer and Information Technology (IJCIT), 3(1), 9-17.

Sasono, J., Darwanto, A., & Supardi, S. (2016, Juli). ADMINISTRASI DESA ONLINE DESA NOGOSARI KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN PACITAN. Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya, 02(01), 85-90.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta, Indonesia: CV. Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.10.1.40-51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ