SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PEMILIHAN POSISI KEPALA UNIT (KANIT) PPA DENGAN METODE WEIGHT PRODUCT

Sumarno M Sumarno, Jauhari Mustafa Harahap

Abstract


Kepolisian Negara Republik Indonesia atau yang sering disingkat dengan POLRI dalam kaitannya dengan Pemerintahan adalah salah satu fungsi pemerintahan negara di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian maka jajaran kepolisian, semakin dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat dan sekaligus mewujudkan ketentraman ditengah-tengah masyarakat. Dalam Undang-Undang ini secara jelas disebutkan mengenai tugas, fungsi dan wewenang sebagai polisi. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk membuat sistem pendukung keputusan dalam memilih personil dikepolisian sebagai alat bantu bagi pimpinan dalam mengambil sebuah kebijakan. Dalam hal ini peneliti mengambil studi kasus di Polresta Simalungun di bagian Kepala Unit (Kanit) PPA. Data yang diperoleh berasal dari Polresta Simalungun dan kriteria yang dibuat berdasarkan keputusan kepala satuan reserse kriminal dengan 8 kriteria penilaian yakni pangkat, wawasan, tanggungjawab, sikap, kesatuan, kepedulian, paham UU dan kepemimpinan. Sampel data yang digunakan 3 alternatif untuk pemilihan di bagian Kepala Unit (Kanit) PPA tahun 2014. Dari sampel tersebut diperoleh nilai tertinggi 0,341 atas nama inisial Mr. B. Diharapkan dengan menggunakan salah satu metode dalam sistem pendukung keputusan, Proses perhitungan dengan menentukan kriteria yang telah ditentukan dapat memberikan output berupa rekomendasi kepala Kanit PPA menggunakan metode Weight Product.

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Weight Product, Kanit PPA, Polresta Simalungun


References


Faqih, H., & Irigasi, J. (2014). Implementasi dss dengan metode saw untuk menentukan prioritas pekerjaan operasi dan pemeliharaan sistem irigasi dpu kabupaten tegal. Jurnal Bianglala Informatika, 19-32.

Fithri, D. L., & Latifah, N. (2010). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemberian Bantuan Usaha Mikro Dengan Metode Simple Additive Weighting. Majalah Ilmiah Informatika, 3(2), 117-129.

Khairina, D. M., Ivando, D., & Maharani , S. (2016). Implementasi Metode Wighted Product Untuk Aplikasi Pemilihan Smartphone Android . Jurnal Infotel, 1-8.

Lestari, S. (2013). Penerapan Weighted Product Model Untuk Seleksi Calon Karyawan. Jurnal Sistem Informasi, 540-545.

Nofriansyah, D. (2014). Konsep Data Mining vs Sistem Pendukung Keputusan Edisi 1. Yogyakarta: Deepublish.

Nugraha, F., Surarso, B., & Noranita, B. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Pemilihan Pemenang Pengadaan Aset dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 67-72.

Siregar, M. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Teladan di SMA Era Utama Pancur Batu. Pelita Informatika : Informasi dan Informatika, 76-84.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.11.1.37-44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ