Aplikasi Penjualan Masterbatch (Pewarna Plastik) Berbasis E-Commerce Web Menggunakan Metode Hybrid

Lina Sutra, Rully Mujiastuti

Abstract


PT. Tarachemindo Perkasa merupakan perusahaan distributor masterbatch (pewarna plastik) di Indonesia. Prosedur sistem penjualan pewarna plastik yang berjalan saat ini masih dilakukan dengan cara konvensional yaitu marketing PT. Taracehmindo Perkasa melakukan pemasaran dan penawaran pewarna plastik menggunakan katalog pewarna dan pemesanan produk pewarna plastik masih dilakukan dengan menggunakan telepon sehingga tingginya resiko perbedaan spesifikasi produk pewarna yang dipesan. Berdasarkan permasalah tersebut, dibuatlah sebuah Aplikasi Penjualan Masterbatch (Pewarna Plastik) Berbasis E-Commerce Web dangan menggunakan Metode Hybrid. E-Commerce merupakan transaksi komersial yang melibatkan pertukaran nilai yang dilakukan oleh dua belah pihak menggunakan internet sedangkan metode hybrid merupakan pengembangan aplikasi berbasis website dengan menggunakan metode Agile Development. Aplikasi penjualan ini dibuat berbasis website menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai database server, tools system menggunakan Unified Modeling Language (UML) dan tools aplikasi menggunakan Hierarchy plus Input-Proses-Output (HIPO) dan User Interface (UI) Design Tool menggunakan Balsamiq . Hasil uji coba aplikasi yang dilakukan oleh 5 marketing PT. Tarachemindo Perkasa yaitu aplikasi dapat menampilkan data informasi produk meliputi harga, stok, dan gambar, pemesanan produk dapat dilakukan secara online, dan informasi dari transaksi penjualan serta pembayaran pembelian produk pewarna dalam bentuk laporan.


References


Haryana, S. (2019). Penerapan Agile Development Methods Dengan Framework Scrum Pada Perancangan Perangkat Lunak Kehadiran Rapat Umum Berbasis QR-Code. Junral Computer & Bisnis, 70-79.

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2017). E-Commerce Bussiness, Technologi, Society. Boston: Pearson.

Muhammad, S., Kurniati, R., & Kasmawi. (2018). Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, 99-105.

Mujiastuti, R., & Dwi, R. (2014). Aplikasi Customers Relationship Management (CRM) Dengan Metode Framework of Dynamic CRM. Jurnal Teknologi Volume 6 Nomor 1, 33-46.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.11.2.8-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ