PERAN AGENDA SETTING DALAM MENDONGKRAK PENGUNJUNG ANTARANEWS (STUDI ETNOGRAFI BERITA EDUKASI KUALITAS UDARA JAKARTA)

Ganet Dirgantoro, Nani Nuraini Muksin

Abstract


Teori agenda setting atau penyusunan agenda masih memegang peranan penting dalam mendongkrak kunjungan media online. Belajar dari pengalaman desk Metropolitan Perum LKBN Antara dalam penanganan kasus polusi udara di Jakarta yang masuk ke dalam kategori membahayakan, maka sebagai BUMN yang mendapat penugasan menyiarkan berita pelayanan publik menyiapkan strategi penyusunan agenda.

Studi agenda setting terhadap berita edukasi udara Jakarta ini dilakanakan pada Juli hingga Desember 2023 yang pada Juli-Agustus polusi udara di Jakarta sedang tinggi-tingginya bahkan dalam tahap mengkhawatirkan.

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peran agenda setting di bidang berita edukasi masih memegang peranan penting.

Beberapa teori penyusunan agenda masih memiliki keunggulan dalam mendongkrak kunjungan apabila  diterapkan dengan benar sebagai gambaran adanya agenda utama dan penjabarannya, kemudian agenda penjabaran harus mengikuti isu yang berkembang, isu  agenda setting harus bersentuhan dengan masyarakat, serta kreativitas dalam mengelola isu agenda setting menjadi hal yang sangat penting agar dapat mendongkrak kunjungan.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi yakni melihat langsung budaya kerja di lingkungan perusahaan/ organisasi terkait dengan suatu kebijakan (penyusunan agenda). Penelitian ini dilaksanakan melalui metode wawancara, pengamatan (observasi), dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini agenda setting memiliki peranan sangat penting dalam mendongkrak kunjungan. Tetapi ada beberapa hal yang harus dipenuhi agar agenda setting ini memiliki pengaruh yakni harus mengikuti isu yang berkembang, harus bersentuhan langsung kepada khalayak, dan harus ada kreativitas dalam penyusunan agenda setting.


Keywords


Kata kunci: agenda setting, pencemaran udara, permasalahan Jakarta, peran edukasi media massa.

Full Text:

PDF

References


Ali Imran Peneliti Madya Bidang Studi Komunikasi dan Media pada BPPKI Jakarta Balitbang SDM Kemkominfo Jalan Pegangsaan Timur No, H., & Jakarta Pusat, B. (2012). MEDIA MASSA, KHALAYAK MEDIA, THE AUDIENCE THEORY, EFEK ISI MEDIA DAN FENOMENA DISKURSIF. 16(1). http://www.

AS Haris Sumadiara. (2008). Jurnalistik Indonesia (Rema Karyanti S, Ed.; 3rd ed., Vol. 1). Simbiosa Rekatama Media.

Perum LKBN Antara. (2023). Buku Panduan Pelaksanaan Kewajiban Pelayanan Publik.

Stephen W. Littlejohn, & Karen A. Foss. (2018). Teori Komunikasi (Cengage Learning, Ed.; 9th ed., Vol. 1). Salemba Humanika.

Stephen W. Littlejohn, Karen A. Foss, & John G. Oetzel. (2017). THEORIES OF HUMAN COMMUNICATION Eleventh Edition (11th ed., Vol. 1).

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Model Spradley (Etnografi).

Yanti, E., Program, R., Komunikasi, S., Islam, P., Dakwah, F., & Komunikasi, D. (2018). Teori Agenda Setting dalam Ilmu Komunikasi Theory of Setting Agenda in Communication Science. SIMBOLIKA, 4(1). http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika




DOI: https://doi.org/10.24853/kais.5.1.27-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmu Sosial Indexed by:

     

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Kajian Ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan

Powered by Puskom-UMJ