RESILIENSI DIRI PADA ANAK PASCA KEHILANGAN SEORANG AYAH AKIBAT COVID-19 (STUDI KASUS DI KELURAHAN CEMPAKA PUTIH KECAMATAN CIPUTAT TIMUR KOTA TANGERANG SELATAN)

Faradibba Maiwa Radika Nur Ramadhan, Moh. Amin Tohari, Ati Kusmawati

Abstract


Covid-19 merupakan bencana non alam yang berdampak pada kematian orang-orang yang dicintai, termasuk orang tua. Kehilangan seseorang yang sangat berarti dalam kehidupan untuk selama-lamanya berdampak besar terhadap kelangsungan hidup orang yang ditinggalkan. Terlebih pada seorang anak yang harus kehilangan sosok ayah dalam kehidupannya akibat Covid-19. Kondisi ini akan menyebabkan anak menjadi stres, sedih, berduka, terkejut hingga emosional yang tidak terkendali. Hal ini mengharuskan anak untuk dapat bangkit yang disebut sebagai resiliensi. Tujuan pada penelitian ini yaitu mengetahui resiliensi diri pada anak pasca kehilangan seorang ayah akibat Covid-19. Grand Theory yang digunakan yaitu Teori Resiliensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Infroman penelitian ini terdiri dari 8 orang yang terbagi menjadi informan kunci (4 orang) dan informan pendukung (4 orang), dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan analisis data menggunakan triangulasi sumber. Didapatkan hasil penelitian bahwa kondisi anak pasca kehilangan seorang ayah akibat Covid-19 mengalami sedih, berduka, terkejut, bingung, mudah marah, emosional tidak terkontrol dan mengalami penurunan prestasi di sekolah. Dengan terjadinya hal ini, resiliensi yang terbangun pada anak melalui tujuh komponen resiliensi, yaitu Regulasi Emosi (mampu untuk bersikap tenang dan fokus pada pemecahan masalah), Pengendalian Impuls (mampu mengendalikan sikap emosional dengan berbagai cara), Optimisme (memiliki keyakinan untuk dapat bangkit), Empati (mendapatkan berbagai dukungan yang didapatkan dari orang lain), Analisis Kausal (mampu memahami penyebab masalah terjadi), Efikasi Diri (memiliki komitmen bangkit dari masalah melalui berbagai cara yang diyakininya), dan Reaching Out (mampu mengambil sisi positif dari masalah yang terjadi). Dari ketujuh komponen tersebut tergambar bahwa komponen yang memiliki keterikatan yang besar terhadap proses resiliensi anak, yaitu pada komponen regulasi emosi, analisis kausal, efikasi diri dan reaching out.   

Kata kunci: Resiliensi Diri, Anak, Covid-19


Full Text:

PDF

References


Arifin, I. A. (2019). The Resilience of Abandoned Children at the Main Putra Orphanage 03 Ceger East Jakarta. Jakarta State Islamic University.

Hadianti, Salsabila Wahyu; Nurwati, N. D. R. S. (2017). Resilience of Achieving Adolescents with Divorced Parents Background (Case Study to Achieving Adolescents with Divorced Parents Background at Public Senior High School 1 Margahayu). Research Journal & PKM, 4(2), 129–389.

Hornor, G. (2017). Resilience. Journal of Pediatric Health Care, 31(3), 384–390.

Iipaj, Salma Matla; Nurwati, N. (2020). Analysis of the Effect of Death Rates Due to Covid-19 on Public Mental Health in Indonesia. Journal of Social Work, 3(1), 16–28.

Jannah, M. (2020). Dynamics of Stress, Coping and Adaptation in Resilience in the Elderly to Live’s Problems. Al-Insan, 1(1), 32–55.

Kaleseran, T. (2016). Picture of Young Women’s Resilience After Maternal Death. Jaya Development University.

Masten, Ann S; Barners, A. J. (2018). Resilience in Children: Developmental Perspectives. Children, 5(98), 1–16.

Masten, Ann S; Motti-Stefanidi, F. (2020). Multisystem Resilience for Children and Youth in Disaster:Reflections in the Context of COVID-19. SpringeLink, 1, 95–106.

Putra, Y. U. (2014). Resilience in Adolescents Who Have Broken Homes. Sultan Syarif Kasim State Islamic University, Riau.

South Tangerang Covid-19 response. (2021). TANGSEL RESPONSE TO COVID-19.

Subardhini, M. (2021). Separation of Children from Parents or Caregivers During Covid-19 pandemic. Socio Informa, 7(2), 127–135.

Widyataqwa, Ayu Citra Jalesveva; Rahmasari, D. (2021). Wife’s Resilience After Husband's Death Due to Covid-19. Journal of Psychological Research. Psychology Research Journal, 8(9), 103–118.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Kesejahteraan Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan
Powered by Puskom-UMJ