STUDI TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEJAHTERAAN ANAK-ANAK DALAM KELUARGA YANG TERKENA DAMPAK PERCERAIAN

Rizki Gilland Dwifian, Muhammad Hasby Fauzan, Siti Fatonah, Nisa Amalia, Rama Wijaya Abdul Rozak

Abstract


 

Perceraian adalah fenomena sosial yang memiliki dampak luas pada anggota keluarga, terutama anak-anak. Studi ini bertujuan untuk menjelajahi faktor-faktor yang memengaruhi kesejahteraan anak-anak dalam keluarga yang terkena dampak perceraian. Kesejahteraan anak-anak dalam konteks ini mencakup aspek kesehatan fisik, kesehatan mental, perkembangan sosial, dan perkembangan emosional mereka. Penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang berkontribusi pada kesejahteraan anak dalam situasi perceraian. Konflik antara orang tua dapat menyebabkan stres emosional pada anak-anak, yang pada gilirannya dapat memengaruhi kesejahteraan mental mereka. Perubahan dalam rutinitas harian anak-anak juga dapat berdampak negatif pada kesejahteraan fisik dan emosional mereka.Penelitian ini memiliki implikasi sosial yang signifikan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor ini, dapat diambil langkah-langkah untuk memberikan dukungan yang lebih baik kepada anak-anak yang terlibat dalam perceraian. Selain itu, penelitian ini juga dapat membantu dalam pengembangan kebijakan yang bertujuan untuk melindungi kesejahteraan anak-anak dalam situasi perceraian. Melalui penelitian ini, diharapkan kita dapat memberikan panduan yang lebih baik untuk memahami dan mengatasi dampak negatif perceraian pada kesejahteraan anak-anak.

Kata kunci: Perceraian, Kesejahteraan Anak-Anak, Faktor-Faktor Pengaruh, Keluarga, Dampak Perceraian.


References


Agistiani, R., Rahmadani, A., Hutami, A. G., Kamil, M. T., Achmad, N. S., Rozak, R. W. A., & Mulyani, H. (2023). Live- streaming TikTok: Strategi mahasiswa cerdas untuk meningkatkan pendapatan di era digitalisasi. Journal of Management and Digital Business, 3(1), 1-19.

DI, DETERMINAN PERKAWINAN PADA ANAK. KECAMATAN WONOMULYO KABUPATEN POLEWALI MANDAR TAHUN 2020.

Al Yakin, A. (2016). Dampak perceraian orang tua terhadap anak (studi kasus di sma negeri 1 kecamatan nosu kabupaten mamasa). Pepatudzu: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 8(1), 1-13.

PROFESI (Profesional Islam). Media Publikasi Penelitian; 2018; Volume 15; No 2.

Hasanah, U. (2020). Pengaruh perceraian orangtua bagi psikologis anak. Agenda: Jurnal Analisis Gender dan Agama, 2(1), 18-24.

Kompasiana.com (2023) Dampak Perceraian Terhadap anak: Menavigasi Masa Depan di Tengah Perubahan, KOMPASIANA. Available at: https://www.kompasiana.com/rendy77 777/6480281908a8b5273d0c12d2/d ampak-perceraian-terhadap-anak- menavigasi-masa-depan-di-tengah- perubahan?page=all#section1 (Accessed: 30 November 2023).

Anggela, N.L. (2021) 12 alasan perceraian Paling Umum Menurut Ahli, Bisnis.com. Available at: https://lifestyle.bisnis.com/read/20211 223/54/1481022/12-alasan- perceraian-paling-umum-menurut-ahli (Accessed: 30 November 2023).

S.Si, H.M.S. and S.Si, H.M.S. (2017) 4 Dampak Positif Perceraian bagi Masa Depan, CintaLia.com. Available at: https://cintalia.com/cinta/perceraian/da mpak-positif-perceraian (Accessed: 30 November 2023).

Theresia (2018) Pikirkan Lagi keputusan bercerai, inilah 10 Dampak Negatif Perceraian Bagi Anak: Theasianparent Indonesia, theAsianparent. Available at: https://id.theasianparent.com/dampak- negatif-perceraian- bagi-anak (Accessed: 30 November 2023).

Ariani, A. I. (2019). Dampak perceraian orang tua dalam kehidupan sosial anak. Phinisi Integration Review, 2(2), 257- 270.

Purwanti, D., Ropi, H., & Widianti, E. (2013). Gambaran respon berduka pada anak remaja dengan orangtua bercerai di SMP negeri 1 Jatinangor kabupaten Sumedang. Jurnal Keperawatan Jiwa, 1(2).

Handayani, F.P. (2022) 6 Hal Yang Diinginkan Anak Saat Orang Tua cerai, Bantu Emosinya Tetap Stabil: Theasianparent Indonesia, theAsianparent. Available at: https://id.theasianparent.com/orang- tua-cerai (Accessed: 30 November 2023).

Veronika, N., Azhar, P. C., & Sugma, A. R. (2022). Dampak Perceraian Terhadap Psikologi Anak. Jurnal Berbasis Sosial, 2(1), 30-37.

M Yusuf, M. Y. (2014). Dampak perceraian orang tua terhadap anak. Jurnal Al- Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 20(1).

Sele, R., & Dwikoryanto, M. I. T. (2021). Perceraian Dan Dampaknya Terhadap Anak. DUNAMOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 63-76.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Kesejahteraan Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan
Powered by Puskom-UMJ