Studi Keindahan Karya Arsitektur (Studi Kasus Terhadap Arsitektur Rumoh Aceh dan Museum Tsunami Aceh)

Fatimah Azzahra, sahriyadi sahriyadi

Abstract


Ada dua mahakarya arsitektur di Aceh yakni, Rumoh Aceh dan Museum Tsunami Aceh. Rumoh Aceh keberadaannya mulai sulit ditemukan dan Museum Tsunami keberadannya semakin eksis. Muncul keinginan untuk memperjelas kedua karya tersebut dari sisi keindahan arsitektur yang  bertujuan sebagai identifikasi unsur keindahan bentuk dan ekspresi.

Rumusan permasalahan adalah identifikasi keindahan bentuk dan keindahan ekspresi terhadap kedua bangunan yang bertujuan menemu-kenali dan menambah wawasan arsitektur sebagai wacana preservasi dan konservasi bangunan heritage. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus dengan teknik analisis deskriptif.

Hasil penelitian pada unsur keindahan bentuk kedua bangunan pada dasarnya sama yakni setiap unsur tersebut ditemukan. Namun, yang membedakan adalah konsep dan jenis bangunan tersebut seperti; histori, fungsi, bentuk, dan dimensi sehingga dalam hal ini kedua bangunan mempunyai nilai lebih dan kurang. Secara visual Museum Tsunami tampak indah dengan architecture combined metaphor-nya dan Rumoh Aceh tampak unik dan menarik dengan segala makna pada setiap elemen arsitekturnya. Pada keindahan ekspresi sangat jelas bahwa Museum Tsunami mampu mengekspresikan kondisi bencana gempa bumi dan tsunami dengan analogi metapora pada wujud bangunan sehingga terkesan sangat menarik sedangkan Rumoh Aceh dengan nuansa alaminya belum mampu memberikan keindahan ekspresi yang terlalu jauh.

Diharapkan hasil penelitian ini bukan sebagai wacana justifikasi atau bahkan membandingkan kedua mahakarya tersebut. Tetapi harapan utama dalam penelitian ini adalah sebagai wadah pemahaman ilmu arsitektur berkelanjutan. Ada pribahasa “tak kenal maka tak sayang” yang dalam konteks ini adalah memberikan hal terkecil dalam pemahaman dan pengetahuan khususnya Arsitektur Tradisional Aceh agar mampu bertahan dalam himpitan karya – karya besar arsitektur pasca modern.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24853/nalars.22.2.103-116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Directory of Open Access JournalGarba Rujukan Digital(Garuda)

Crossref

Base

Index Copernicus International (ICI)CiteFactorRoad

 

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter

Visitor NALARs

Powered by Puskom-UMJ