PERSEPSI UJARAN DAN EKSPRESI EMOSIONAL DALAM NASKAH DRAMA AYAHKU PULANG KARYA USMAR ISMAIL : KAJIAN PSIKOLINGUISTIK (FERDINAND DE SAUSURE)

Farica Adhani Farica Adhani, Lutfi Syauki Faznur

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan makna ujaran dan ekspresi emosional dalam naskah “Ayahku Pulang” karya Usmar Ismail. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, objek dalam penelitian ini adalah sebuah naskah drama yang berjudul “Ayahku Pulang” karya Usmar Ismail. Data penelitian ini  diperoleh dari penggambaran makna ujaran sebagai interaksi antar tokoh, cerita, sumber, dan kutipan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan psikolinguistik (aspek makna ujaran) yang dikembangkan oleh Sigmund Freud. Teknik analisis data ini dilakukan dengan cara mencatat. Dari hasil pembahasan naskah drama “Ayahku Pulang” karya Usmar Ismail dapat disimpulkan seorang ayah  pergi pada hari raya idul fitri Raden Saleh yang tega meninggalkan istri dan anak-anaknya yang masih kecil demi mencari kebahagiaan materi. Raden Saleh pergi dengan keadaan miskin. Anak pertamanya diberi nama Gunarto, kemudian berumur 8 tahun, yang kedua diberi nama Maimun  saat  masih balita, dan yang ketiga diberi nama Mintarsih dalam kandungan. Aspek makna ujaran yang terdapat dalam naskah tersebut ada 8.

Kata Kunci : naskah drama, psikolinguistik, makna ujaran, Sigmund freud

 

 


Keywords


Kata Kunci : naskah drama, psikolinguistik, makna ujaran, Sigmund freud

Full Text:

PDF

References


Academi, Edu. Ayahku Pulang Karya Usmar Ismail (Internet). 2020. https://www.academia.edu/40357047/AYAHKU_PULANG_Karya_Usmar_Ismail

Carroll, D.W. 2008. Psychology of Language: Fifth Edition. Madison: University of Wisconsin.

Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

De Saussure, Ferdinand. 1996. Cours de Linguistique Générale. Pengantar Linguistik Umum, (Terjemahaan Rahayu S. Hidayat). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Dutta, P. & Barman, A. 2020.Cognitive Intelligence and Robotics: Human Emotion Recognition from Face Images. Springer Nature Singapore Pte Ltd.

Jaenudin, Ujam. 2012. Psikologi Kepribadian. Bandung: Pustaka Setia.

Oroh, P.R.D. 2016.”Ketidakfasihan Berbicara para Pemeran dalam Serial Film Harry Potter Enam dan Tujuh”.Jurnal Skripsi.Fakultas Ilmu Budaya, Unsrat Manado.

Warren, P. 2013. Introducing Psycholinguistics. Cambridge: Cambridge University Press.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. 2018. Tipe Penelitian Deskripsi dalam Ilmu Komunikasi The Type Of Descriptive Research In Communication Study. Jurnal Diakom, 1(2), 83 –90.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.5.2.136-143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ