EFEKTIVITAS METODE DISKUSI SEBAGAI PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA

Muhammad Wildan Dzaky, Dimas Aldean Ubaidillah, Elvi Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas dari metode diskusi terhadap keterampilan berbicara siswa di MTs Manbaul Ulum Ciampea. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data berupa siswa kelas VIII MTs Manbaul Ulum Ciampea. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan metode triangulasi, data dianalisis melalui observasi, tes, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini terdapat dua siklus, siklus pertama siswa diminta untuk membuat kelompok untuk berdiskusi mengenai suatu isu. Hasil dari pengamatan pembelajaran berbicara pada siklus pertama, nilai rata-rata siswa adalah72,25%. Hasil yang dicapai siswa lebih dominan di bawah rata rata, hasil tes yang mencapai nilai di atas 75 ada 7 siswa atau 8,75% yang lulus di atas KKM. Pada siklus kedua, peneliti memberikan dialog serta menyampaikan motivasi agar siswa tidak merasa nervous ketika berbicara di depan orang banyak. Siswa memberikan respon yang baik, hasil dari siklus kedua 80 siswa hasil nilai di atas KKM sebanyak 71 siswa atau 88,75%, nilai rata-rata siswa 78,01%.


Keywords


efektivitas; keterampilan berbicara; metode diskusi

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. (2015). Using the think-pair-share strategy to improve students speaking ability at stain ternate. Journal of Education and Practice, 37.

Ali, Muhammad. (1987). penelitian kependidikan prosedur dan strategi. Bandung: Angkasa.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Classroom Action Research. Jakarta: Bumi aksara.

Depdiknas. (2004). Buku Pedoman. Jakarta: Depdiknas.

Ekowati, Sri Harini. (2010). Interaksi Antarsiswa di Kelas Reception Ecrite (Keterampilan Membaca Teks) pada Mahasiswa Semester 4 Jurusan Bahasa Prancis Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Bahasa dan Sastra.

Fatimah, Ratna Dwi Kartika Sari. (2018). Strategi Belajar & Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. PENA LITERASI, 112.

jumali. (2004). Landasan Pendidikan. Jurnal Pendidikan.

Noor, Muhammad. (2020). Guru Profesional dan Berkualitas. Semarang: Alprin.

Nurgiansah, & Pringgowijoyo. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Saddono. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karta Putra Darwati.

Sudiyono. (2021). Metode Diskusi Kelompok dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Indramayu: Penerbit Adab.

Suparlan. (2007). Menjadi Guru Efektif. Jakarta: Hikayat Publishing.

Susanti, Elvi. (2020). Keterampilan berbicara. Depok: Rajawali pers.

wewen, jaswan, yetty, mollerent, muhammad, & sahnan. (2021). Diploma thesis : Universitas Bung Hatta. Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas III A dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Role Playing di SDN 43 Dadok Tunggul Hitam Padang.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.7.2.187-195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226

 
Powered by Puskom-UMJ