EVALUASI ASESMEN SUMATIF DALAM MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS IX

Nonika Farahdila, Wagiran Wagiran, Deby Luriawati Naryatmojo

Abstract


Artikel ilmiah ini membahas penilaian evaluasi sumatif dalam modul pengajaran bahasa Indonesia kelas IX, yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kesesuaian kerangka penilaian yang diuraikan dalam dokumentasi modul ajar. Penelitian ini dilakukan melalui analisis tiga dokumen modul ajar yang bersumber dari berbagai lembaga pendidikan, menggunakan metodologi deskriptif di samping teknik analisis konten. Temuan dari analisis mengungkapkan bahwa tidak satu pun dari tiga modul ajar yang menyertakan komponen penilaian sumatif, yang merupakan aspek penting untuk menentukan sejauh mana siswa telah memenuhi tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Kurangnya penilaian sumatif menandakan bahwa pendidik tidak melengkapi alat evaluasi yang memadai untuk memberikan umpan balik yang menguntungkan bagi kemajuan pendidikan. Lebih lanjut, diamati bahwa tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran termuat dalam dokumen, sedangkan indikator penilaian sumatif tidak ada. Artikel ini menganjurkan agar modul ajar disusun dengan menggabungkan penilaian sumatif , serta mengintegrasikan rubrik penilaian untuk meningkatkan objektivitas dan keabsahan evaluasi. Fokus pada penilaian sumatif dapat menjadi sumber data untuk perbaikan proses pembelajaran secara keseluruhan. Sehingga, perbaikan dalam perencanaan penilaian, terutama mengenai evaluasi sumatif, sangat penting untuk memfasilitasi peningkatan kualitas pendidikan.


Keywords


asesmen sumatif, bahasa Indonesia, kualitas pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Anggraena, Yogi. (2024). Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Menengah. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran, BSKAP Kemendikburistek.

Chand, S. P., Pillay, K. K., & Pillay, K. (2024). Understanding The Fundamental Differences Between Formative And Summative Assessment. Global Scientific And Academic Research Journal Of Education And Literature. Https://Gsarpublishers.Com/Gsarjel-Home-Page/

Dwi Mayandri, G., Naisa Hehanussa, S., Deby Luriawati, Dan, & Wagiran. (2021). Kajian Penilaian Instrumen Kebahasaan dalam Bidang Morfologi dan Sintaksis. https://Doi.Org/10.24114/Ajs.V10i2.26265

Eko Wahyudi, L., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Putra Dinata, Z., Fitoriq, M., & Nur Hasyim, M. (2022). Mengukur Kualitas Pendidikan di Indonesia. Journal Of Education, Madrasah Innovation And Aswaja Studies (Mjemias), 1(1), 18–22. Https://Jurnal.Maarifnumalang.Id/

Haryani, S., Wardani, S., Prasetya, A. T., Susilaningsih, E., Susatya, E. B., & Dewi, S. H. (2024). Pendampingan Penyusunan Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Kimia MGMP Kota Semarang. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 295–303. Https://Doi.Org/10.35912/Yumary.V4i3.2493

Indriani, M., & Qiftiyah, M. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Instant Assessment Terhadap Hasil Belajar Ips Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 97–106. Http://Ejournal.Radenintan.Ac.Id/Index.Php/Terampil/Index

Ismail, S. M., Rahul, D. R., Patra, I., & Rezvani, E. (2022). Formative Vs. Summative Assessment: Impacts On Academic Motivation, Attitude Toward Learning, Test Anxiety, And Self-Regulation Skill. Language Testing In Asia, 12(1). Https://Doi.Org/10.1186/S40468-022-00191-4

Kalaamiyah, K., & Rahmawati, L. E. (2024). Asesmen Sumatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase D Kurikulum Merdeka. 06(2), 123–133. Https://Doi.Org/10.22236/Imajeri

Kıncal, R. Y., & Ozan, C. (2018). Effects Of Formative Assessment On Prospective Teachers’ Achievement, Attitude And Self-Regulation Skills. International Journal Of Progressive Education, 14(2), 77–92. Https://Doi.Org/10.29329/Ijpe.2018.139.6

Laily, N., Arsyadhi, A., Dewi, L., Hernawan, A. H., & Kunci, K. (2024). Evaluation Of Teacher Readiness In Implementing Kurikulum Merdeka In Elementary Schools. The Creative Commons Attribution-Sharealike 4.0 International (Cc By-Sa 4.0). Https://Doi.Org/10.17509/Jik.V21i2.64113

Lengkong, Jeffry S.J. (2023). Supervisi Dan Evaluasi Pendidikan. Malang: PT Literasi Nusantara Abadi Grup.

Metasari, L., Dwi Hatmono, P., & Sujiono. (2023). Pengembangan Modul Berbasis Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Pada Materi Puja dan Doa di SMK. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial dan Agama, 121–128. Https://Dikdaperenc.Wordpress.Com.

Muslim, B. (2012). Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pencapaian Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Kalasan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Natasya Lady Munaroh. (2024). Asesmen Dalam Pendidikan: Memahami Konsep, Fungsi dan Penerapannya. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 281–297. Https://Doi.Org/10.30640/Dewantara.V3i3.2915

Nurhamidah, Didah. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Media Nearpod dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 4 No. 2. DOI: https://doi.org/10.24853/pl.4.2.80-91

Purnama, I. A. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Local Wisdom Papua Barat Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SD.

Qomariyah, U. (2020). Evaluasi Tujuan Pembelajaran RPP Implementasi Standar Proses Pembelajaran Sastra. Diglosia Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(3), 227–294. Https://Doi.Org/10.30872/Diglosia.V3i3.74

Salim & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.

Wahyudin, Din, Et Al. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran, BSKAP Kemendikburistek.

Widyastono, H. (2012). Muatan Pendidikan Holistik dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. 468–474.

Wijaya, Tri. (2019). Panduan Praktis Menyusun Silabus, Rpp, Dan Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta: Noktah.

Zumroatun, Ulfatin Khoiriyah, F., Sholehuddin, M., & Setiyono, J. (2023). Evaluasi Pembelajaran Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Daring, 2173–2175.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.7.2.222-231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226

 
Powered by Puskom-UMJ