PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 4 TAHUN DALAM KAJIAN MORFOLOGI

Elan Halid

Abstract


Psikolinguistik menguraikan proses-proses psikologis yang terjadi apabila seseorang menghasilkan kalimat dan memahami kalimat yang didengarnya waktu berkomunikasi dan bagaimana kemampuan berbahasa itu diperoleh oleh manusia. Pemerolehan bahasa kajian morfologi salah satu proses pembelajaran dan penggunaan morfem-morfem bahasa oleh anak-anak dalam perkembangan bahasa. Penelitian ini dilakukan untuk mengemukakan pemerolehan bahasa anak usia 4 tahun kajian morfologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan bahasa anak usia 4 tahun dari proses afiksasi, reduplikasi, morfem, dan alomorf. Kajian teori yang digunakan dalam penelitian ini di antaranya: (1) psikolinguistik, (2) pemerolehan bahasa, dan (3) definisi kajian morfologi. Penelitian ini berupa data berbentuk kata dan kalimat. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi serta melakukan video rekaman. Subjek pada penelitian yakni anak usia 4 tahun bernama G.A yang bertempat tinggal di Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian yang berwujud kata-kata atau kalimat yang mengandung afiksasi, reduplikasi, morfem, dan alomorf. Dari hasil penelitian terdapat beberapa temuan penelitian yaitu: (1) proses afiksasi yang terdiri dari prefiks (10 data), infiks (1 data), sufiks (6 data), dan konfiks (4 data).  Keseluruhan proses afiks ditemukan sebanyak 21 data, (2) reduplikasi ditemukan sebanyak 6 data, serta (3) morfem dan alomorf ditemukan sebanyak 9 data. Jadi, jumlah keseluruhan terdiri dari 36 data.


Keywords


Psikolinguistik; Pemerolehan Bahasa; Kajian Morfologi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2019). Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Afrizal. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Depok: Raja Grafindo Persada.

Ahmadi, A., & Jauhar, M. (2015). Dasar-Dasar Psikolinguistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Chaer, A. (2015). Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, S. (2019). ECHA: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atmajaya.

Endrawati, T. (2023). Bahasa Indonesia dan Teknik Penulisan. Jakarta: PT Scifintech Andew Wijaya.

Fradana, A. N. (2018). Buku Ajar Morfologi Bahasa. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Ismayani, A. (2019). Metodologi Penelitian. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Ismiati, M. (2023). Analisis Kajian Fonologi pada Anak Usia 0-1 Tahun dalam Pemerolehan Bahasa. Pena Literasi, 6(2), 228–236.

Mahmud, S., & Idham, M. (2019). Teori Belajar Bahasa. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Mulyani, A. N., & Siagian, I. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Gangguan Berbicara pada Anak. Pena Literasi, 6(2), 220–227.

Setiyaningsih, I. (2018). Inti Sari Morfologi: Afiksasi, Reduplikasi, dan Komposisi. Bandung: Pakar Raya.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Karanganyar: Literasi Media Publishing.

Sudarwati, E., Perdhani, W. C., & Budiana, N. (2017). Pengantar Psikolinguistik. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharti, S., Khusnah, W. D., Ningsih, S., Shiddiq, J., Saputra, N., Kuswoyo, H., Purba, J. H. (2021). Kajian Psikolinguistik. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Washadi, W. (2021). Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dua Tahun pada Tataran Linguistik. Pena Literasi, 4(2), 128–136.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.8.1.97-111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226

 
Powered by Puskom-UMJ