Pemanfaatan Media Visual dalam Menulis Cerita Pendek pada Semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMSU

Oktavia Lestari Pasaribu

Abstract


Pemanfaatan Media Visual bertujuan sebagai alat bantu dalam membantu  mahasiswa menulis cerpen (cerita pendek). Disisi lain media visual juga dapat memudahkan mahasiswa dalam menemukan inspirasi atau gambaran untuk tokoh-tokoh yang akan mereka ciptakan dalam cerpen, serta membuat mahasiswa lebih percaya diri atas cerita yang mereka ciptakan, sehingga cerpen yang ditulis menjadi lebih menarik. Jika dikaitkan dengan menulis, maka dapat dinyatakan bahwa pemanfaatan media visual merupakan sebuah proses yang memudahkan mahasiswa untuk menemukan inspirasi dalam menulis cerpen. Jadi, pemanfaatan media visual dapat digunakan dalam setiap proses pembelajaran, terutama ketika nantinya mahasiswa akan menjadi seorang guru bisa mempraktikkan dengan siswa-siswi  di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media visual dalam proses menulis cerpen pada mahasiswa semester V pada Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMSU dengan menggunakan metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yang telah dijabarkan pada bab sebelumnya, dapat dikatakan pemanfaatan media visual pada mahasiswa Semester V FKIP UMSU berada pada kategori baik di mana nilai rata-rata siswa 83,84.

 

Kata kunci : media visual, menulis, dan cerpen

Full Text:

PDF

References


Arikunto,S dkk. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persadan Press.

Depdiknas. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimiyati dan Mudjiono, 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gulo. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Komunikasi Pendidik. Winarno. dkk. 2009. Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran. Genius Prima Media.

Krismanto, dkk. 2003. Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta : Prestasi pustaka.

Lie, Anita. 2000. Cooperative Learning Mempraktekkan Cooverative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Munadi,Y. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Putra, M. S. 2006, Teknik Menulis Berita dan Feature. Jakarta: PT. Indeks.

Subana dan Sunarti. 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana.2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsino.

Sudjono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.2.1.39-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ