KETERLIBATAN PENULIS MELALUI ASPEK KEBAHASAAN PADA BUKU TEKS PELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013

Ahmad Fadly

Abstract


Buku teks pelajaran (buku TP) berpengaruh pada pengetahuan, pemahaman, dan cara pandang peserta didik. Buku teks pelajaran Sejarah menentukan pemahaman peserta didik mengenai identitas bangsa di masa lalu sehingga dapat menjadi dasar tindakannya di masa depan. Keterlibatan penulis buku TP Sejarah tercermin melalui aspek kebahasaannya. Keterlibatan itu menunjukkan sikap penulis terhadap pengetahuan yang disajikannya melalui buku tersebut. Dengan menganalisis tiga buku TP Sejarah Kelas 10, Kelas 11, dan Kelas 12 menggunakan subsistem keterlibatan (engagement), terungkap bahwa heteroglossia hadir dalam buku TP Sejarah Kelas 10, 11, dan 12, tetapi memiliki karakteristik tersendiri. Pada buku TP Sejarah Kelas 10, penulis menggunakan heteroglossia dengan mengutip informasi faktual-objektif untuk mendukung argumennya, sedangkan pada buku TP Sejarah Kelas 11 penulis menggunakan heteroglossia dengan mengutip pendapat yang bersifat subjektif untuk mendukung argumennya. Sementara itu, pada buku TP Sejarah Kelas 12 penulis menggunakan heteroglossia untuk membentuk wacana pada buku tersebut. Pronomina kita secara intensif digunakan dan tidak digunakan pronomina kami atau saya pada ketiga buku tersebut. Artinya, penulis berstrategi untuk mengurangi tanggung jawabnya terhadap teks yang ditulisnya. Temuan lain ialah bahwa tamengan (hedges) lebih jarang ditemukan dibandingkan dengan boosters dan penggunaan pronomina inklusif kita hadir dengan frekuensi tinggi pada ketiga buku tersebut. Ini berarti bahwa dalam menjelaskan sejarah, penulis cenderung mengevaluasinya dengan meningkatkan derajat kualitas (uptoning).

Kata kunci: keterlibatan; sistem appraisal; analisis wacana; buku teks pelajaran



Full Text:

PDF

References


Biber, D. (2006). Stance in spoken and written university registers. Journal of English for Academic Purposes, 5(2), 97–116. https://doi.org/10.1016/j.jeap.2006.05.001

Dzeverdanovic-Pejovic, M. (2015). Genre Analysis of Linguistic Abstracts in Montenegrin and English. In I. Lakic, B. Zivkovic, & M. Vukovic (Eds.), Academic Discourse Across Cultures. Newcastle: Cambridge Scholars Publishing.

Hyland, K. (2005). Stance and engagement: A model of interaction in academic discourse. Discourse Studies, 7(2), 173–192. https://doi.org/10.1177/1461445605050365

Kafes, H. (2018). Stance in Academic Writing. European Journal of Education Studies, 4(2), 1–16. https://doi.org/10.5281/zenodo.1165088

Kurniawan, E., Lubis, A. H., Suherdi, D., & Danuwijaya, A. A. (2019). Rhetorical organization of applied linguistics abstracts: Does scopus journal quartile matter? GEMA Online Journal of Language Studies, 19(4), 184–202. https://doi.org/10.17576/gema-2019-1904-10

Martin;, J. R., & White, L. R. R. (2005). The Language of Evaluation: Appraisal in English. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-5547-9

Murfi, A. (2014). Bias Gender dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Kristen. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 267. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.32.267-288

Purwanta, H. (2013). Evaluasi Isi Buku Teks Pelajaran Sejarah Pada Masa Orde Baru. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (3), 424–440. https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1551

Sayah, L., & Hashemi, M. R. (2014). Exploring stance and engagement features in discourse analysis papers. Theory and Practice in Language Studies, 4(3), 593–601. https://doi.org/10.4304/tpls.4.3.593-601

Yang, W. (2016). Evaluative language and interactive discourse in journal article highlights. English for Specific Purposes, 42, 89–103. https://doi.org/10.1016/j.esp.2016.01.001




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.3.1.10-19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226

 
Powered by Puskom-UMJ