PERBANDINGAN ANTARA KEMAMPUAN MENYIMAK LISAN DENGAN MENYIMAK TULISAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MELALUI GF

Authors

  • Muttaqillah Muttaqillah Madrasah Pembangunan UIN Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/pl.6.1.1-10

Keywords:

Perbandingan Menyimak

Abstract

ABSTRAKDalam masa pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 s.d. 2022, peneliti mengajar secara daring. Walaupun demikian peneliti berusaha agar dapat melakukan penelitian pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan meyimak siswa. Ada dua aspek yang diukur yaitu aspek menyimak lisan dan tulisan. Media yang digunakan adalah google form (GF). Disebabkan peneliti lebih sering menggunakan media tersebut untuk pmbelajaran dan latihan. Dari hasil eksperimen ini ternyata kemampuan siswa dalam menyimak tes tulis lebih tinggi daripada tes lisan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kedua aspek tersebut. Kemampuan rata-rata tes lisan mencapai nilai 87, sedang kemampuan tes tulisan sebesar 92. Dari hasil wawancara tetulis kepada guru, bahwa terjadi perbedaan antara menyimak teks lisan dengan teks tulis ditinjau dari kemampuan siswa.Kata Kunci: Perbandingan, Menyimak Lisan, Menyimak Tulisan, Google Form.

Author Biography

Muttaqillah Muttaqillah, Madrasah Pembangunan UIN Jakarta

Departeme AgamaAsisten Ahli

References

REFERENSI

Chaer, A. (2007). Kajian Bahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Choiri, E. O. (2020, Mei 27). Mengenal Google Form: Pengertian, Kegunaan & Pembuatan. Retrieved from Qwords.com: https://qwords.com/blog/mengenal-google-form/

Eirin, G. (2021, Agustus 10). Apa yang dimaksud dengan teks lisan. Diakses dari https://apaartidari.com/: https://apaartidari.com/apa-yang-dimaksud-dengan-teks-lisan

Heryadi, F. (2021, Mei 2). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pembelajaran. Swadesi. Volume II No. 1, h. 17.

Marsudi. (2017). Menulis karya Ilmiah. Bandung: Informatika.

Musfah, J. (2016). Tips menulis karya ilmiah. Jakarta: Kencana.

Muttaqillah. (2019, April 1). Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi Melaui Kegiatan Menulis Berita Siswa kelas X MA UIN Jakarta. Pena literasi Vol 2, p. 1.

--------- (2021). Pengaruh Penilaian Kontinu terhadap Sikap dan Kemampuan Bahasa. Holistika Jurnal Imiah PGSD. Volume V, 147.

--------- (2022, Februari 27). Kata Tanya dan Fungsinya. Diakses dari https://materibahasaindonesiaaja.blogspot.com/2022/02/kata-tanya-dan-fungsinya.html

Purwahida, A. I. (2002). Bahasa Indonesia untuk Kelas IV. Jakarta: Erlangga.

Putra, E. S. (2022). Perbedaan Makna Bahasa Tulis dan Bahasa Lisan. Multi Disisiplin Dehasen (Mude). Volume 1, 227.

Saretta, I. R. (2022, Januari 6). Yuk, Cari Tahu Apa Itu Google Forms, Fungsi, dan Cara Membuatnya. Retrieved from cermati.com: https://www.cermati.com/artikel/yuk-cari-tahu-apa-itu-google-forms-fungsi-dan-cara-membuatnya

Setiawati, L. (2022, April 15). Modul 1 Hakikat Menyimak. Retrieved from Universitas Terbuka: chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/viewer.html?pdfurl=http%3A%2F%2Frepository.ut.ac.id%2F4737%2F1%2FPBIN4105-M1.pdf&clen=500504&chunk=true&pdffilename=PBIN4105-M1.pdf

Tarigan, H. G. (1980). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2023-04-28