PERBANDINGAN ANTARA KEMAMPUAN MENYIMAK LISAN DENGAN MENYIMAK TULISAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MELALUI GF
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.6.1.1-10Keywords:
Perbandingan MenyimakAbstract
ABSTRAKDalam masa pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 s.d. 2022, peneliti mengajar secara daring. Walaupun demikian peneliti berusaha agar dapat melakukan penelitian pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan meyimak siswa. Ada dua aspek yang diukur yaitu aspek menyimak lisan dan tulisan. Media yang digunakan adalah google form (GF). Disebabkan peneliti lebih sering menggunakan media tersebut untuk pmbelajaran dan latihan. Dari hasil eksperimen ini ternyata kemampuan siswa dalam menyimak tes tulis lebih tinggi daripada tes lisan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kedua aspek tersebut. Kemampuan rata-rata tes lisan mencapai nilai 87, sedang kemampuan tes tulisan sebesar 92. Dari hasil wawancara tetulis kepada guru, bahwa terjadi perbedaan antara menyimak teks lisan dengan teks tulis ditinjau dari kemampuan siswa.Kata Kunci: Perbandingan, Menyimak Lisan, Menyimak Tulisan, Google Form.References
REFERENSI
Chaer, A. (2007). Kajian Bahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Choiri, E. O. (2020, Mei 27). Mengenal Google Form: Pengertian, Kegunaan & Pembuatan. Retrieved from Qwords.com: https://qwords.com/blog/mengenal-google-form/
Eirin, G. (2021, Agustus 10). Apa yang dimaksud dengan teks lisan. Diakses dari https://apaartidari.com/: https://apaartidari.com/apa-yang-dimaksud-dengan-teks-lisan
Heryadi, F. (2021, Mei 2). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pembelajaran. Swadesi. Volume II No. 1, h. 17.
Marsudi. (2017). Menulis karya Ilmiah. Bandung: Informatika.
Musfah, J. (2016). Tips menulis karya ilmiah. Jakarta: Kencana.
Muttaqillah. (2019, April 1). Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi Melaui Kegiatan Menulis Berita Siswa kelas X MA UIN Jakarta. Pena literasi Vol 2, p. 1.
--------- (2021). Pengaruh Penilaian Kontinu terhadap Sikap dan Kemampuan Bahasa. Holistika Jurnal Imiah PGSD. Volume V, 147.
--------- (2022, Februari 27). Kata Tanya dan Fungsinya. Diakses dari https://materibahasaindonesiaaja.blogspot.com/2022/02/kata-tanya-dan-fungsinya.html
Purwahida, A. I. (2002). Bahasa Indonesia untuk Kelas IV. Jakarta: Erlangga.
Putra, E. S. (2022). Perbedaan Makna Bahasa Tulis dan Bahasa Lisan. Multi Disisiplin Dehasen (Mude). Volume 1, 227.
Saretta, I. R. (2022, Januari 6). Yuk, Cari Tahu Apa Itu Google Forms, Fungsi, dan Cara Membuatnya. Retrieved from cermati.com: https://www.cermati.com/artikel/yuk-cari-tahu-apa-itu-google-forms-fungsi-dan-cara-membuatnya
Setiawati, L. (2022, April 15). Modul 1 Hakikat Menyimak. Retrieved from Universitas Terbuka: chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/viewer.html?pdfurl=http%3A%2F%2Frepository.ut.ac.id%2F4737%2F1%2FPBIN4105-M1.pdf&clen=500504&chunk=true&pdffilename=PBIN4105-M1.pdf
Tarigan, H. G. (1980). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).