ANALISIS FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB GANGGUAN BERBICARA PADA ANAK
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.6.2.220-227Keywords:
gangguan bicara, keterlambatan bicara, bahasa, anak-anakAbstract
Gangguan bicara pada anak adalah jenis gangguan komunikasi di mana anak mengalami kesulitan saat menggunakan simbol apa pun dalam bahasa tersebut. Gangguan bicara pada anak terjadi karena gangguan pada sistem saraf atau karena kelainan organ terkait yang berkaitan dengan proses penggunaan bahasa dan ucapan anak, karena cedera atau trauma pada masa prenatal, natal dan pascanatal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab keterlambatan bicara, serta kasus anak dengan gangguan bicara dan bahasa. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan media telepon dan pengambilan video dengan cara mewawancarai subjek penelitian dan orang terdekat yang terlibat. Dari hasil penelitian tersebut faktor penyebab anak memiliki gangguan berbicara, yaitu belum meratanya kosa kata yang didapat, tidak didampingi oleh pengenalan huruf dan pelafalan yang mendasar mengenai benar atau salahnya pengucapan, pembiasaan yang belum dimaksimalkan orang tua, dan juga media yang digunakan sang anak sebagai model yang ditiru untuk menemaninya dalam berbicara.References
Arsanti, M. (2014). Pemerolehan Bahasa Pada Anak. Jurnal PBSI, 3.
Azizah, U. (2018). Keterlambatan Bicara dan Implikasinya dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 6, 281–297.
Bajeri, D., Waspodo, M., & Herawati, H. (2021). Peningkatan Kemampuan Artikulasi dan Penguasaan Kosa Kata Melalui Metode Tutor Sebaya pada Siswa SDLB Kelas Tunarungu. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10, 12–17.
Istiqlal, A. N. (2021). Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) pada Anak Usia 6 Tahun. Preschool: Jurnal Perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 206–216.
Khosibah, S. A. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869.
Masito. (2019). Gangguan Bahasa dalam Perkembangan Bicara Anak. Jurnal Elsa, 17.
Rahim, N., Yuhasriati, & Fauzia, S. N. (2021). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak yang Speech Delay di Paud Kasya Ulee Kareng Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 6, 1–10.
Setyonegoro, A. (2013). Hakikat, Alasan, dan Tujuan Berbicara; Dasar Pembangunan Kemampuan Berbicara Mahasiswa. Jurnal Pena, 3.
Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.
Yulianda, A. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Berbicara pada Anak Balita. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).