POLIGAMI DAN PERSELINGKUHAN: POTRET RUMAH TANGGA DALAM POSTER TAYANGAN INDONESIA (STUDI IKONITAS DIAGRAMMATIK PIERCE)
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.6.2.141-153Keywords:
poster film, ikonisitas diagrammatik, semiotika, Charles Peirce.Abstract
Komposisi pada poster tayangan di Indonesia selalu memiliki pakem yang menjadi cara bagi (calon) penonton untuk mengintip fiksi dari filem atau serial yang bakal ditontonnya. Sebuah poster dari tayangan memang merangkum keseluruhan cerita yang disajikan. Penempatan tokoh, ekspresi, gestur, pakaian bahkan latar pada sebuah poster dapat menjadi potongan-potongan enigmatik yang menjadi bekal bagi (calon) penonton untuk memahami keseluruhan tayangan yang ditontonnya. Artikel ini hendak mengkaji poster serial bertema selingkuh dan poligami. Dibandingkan dengan poster tayangan bergenre lain, tontonan yang mengangkat isu dinamika keluarga tersebut memiliki kekhasan tersendiri. Seolah terdapat sebuah formula yang pakem dan disepakati antara satu poster dengan poster lain. Hasil penelitian ditemukan berbagai tanda yang memiliki keselarasan antara satu sama lain sehingga mendukung tersampainya pesan yang ingin disampaikan dalam poster film. Visualisasi pendukung yang ditampilkan pada poster serial yang berkembang di Indonesia memberikan gambaran tersirat tentang konflik yang terdapat dalam setiap tayangan dan mempengaruhi tanda visual yang tergambar dalam poster.References
Azizi, F. (2021). Deteksi Emosi Menggunakan Citra Ekspresi Wajah Secara Otomatis. Informatics Engineering, 1–44. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35834
Dimas Akbar, A. S. (2016). Analisis poster film james bond karya andreanus gunawan. 04(1), 360–364.
Hafiar, H., Mahameruaji, J. N., & Rahmawan, D. (2017). Analisis Semiotika Pada Cover Novel Trilogi Karya Vira Safitri. Jurnal Nomosleca, 3(1). https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i1.1177
Burhan, A. S., & Anggapuspa, M. L. (2021). Analisis Makna Visual Pada Poster Film Bumi Manusia. Jurnal Barik, 3(1), 235–247. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
bustaman usman. (2017). Poligami Menurut Perspektif Fiqih. Hukum Keluarga Dan Hukum Islam, 1(hukum poligami), januari-juni.
Chu, Y. (2022). On the hypoiconic structure of cartoons. Social Semiotics, 32(2), 262–278. https://doi.org/10.1080/10350330.2020.1756587
Habibi, M. L. (2021). Analisis Semiotika Penggambaran Perempuan Bercadar dalam Film Pendek “Menjadi Aku Tak Harus Kaku.” Kalijaga Journal of Communication, 3(2), 93–106. https://doi.org/10.14421/kjc.32.01.2021
I Nengah, M. (2020). Makna Bahasa Tubuh: Suatu Kajian Lintas Budaya 1945-1950. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa Dan Budaya, 4(2), 37–43. https://doi.org/10.22225/kulturistik.4.2.1885
Kembaren, Y. A., Kartono, G., & Mesra, M. (2020). Analisis Karya Poster Berdasarkan Unity, Layout, Tipografi, Dan Warna. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 9(1), 121. https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.18187
Pangestuti, M. (2021). Analisis Semiotika Charles S. Pierce pada Poster Street Harassment Karya Shirley. Konfiks: Jurnal Bahasa, Sastra, & Pengajaran, 8(1), 25–33. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/konfiks/article/view/4783
Rutf, H. (2022). Hypoiconicity as Intentionality. Philosophies, 7(6). https://doi.org/10.3390/philosophies7060126
Selatan, G., & Barat, J. (2023). Patriotisme perempuan sunda pada tokoh paraji di pamengpeuk, garut selatan, jawa barat. 2016, 109–116.
Wahyuni, E., Tahidina, L., Kolarsi, L., Pascasarjana, L., Sultan, I., & Gorontalo, A. (2022). Korelasi Seks Dan Keluarga Harmonis. Journal Hukum Islam, 3(1), 17–31. http://digilib.unimus.ac.id/files/disk1/135/jtptunimus-gdl-handayanin-6725-2-babii.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).