PENGARUH PENGGUNAAN WEBTOON TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PANTUN
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.1.2.138-146Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia terutama pada keterampilan menulis pantun. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Webtoon terhadap keterampilan menulis pantun. Metode yang digunakan adalah True Experimental Design dengan Posttest-Only Control Design, dengan hipotesis terdapat pengaruh penggunaan Webtoon terhadap keterampilan menulis pantun di kelas VII SMP Islam Ruhama Ciputat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Webtoon terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Islam Ruhama Ciputat. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan thitungsebesar 5, 732 lebih besar dari pada ttabelsebesar 2,00856. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Webtoon memberikan pengaruh terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Islam Ruhama Ciputat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait seperti kepala sekolah, guru, siswa, dan peneliti selanjutnya.Kata kunci: Webtoon, menulis pantun, hasil belajarDownloads
Published
2018-12-17
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).