ANALISIS KAJIAN FONOLOGI PADA ANAK USIA 0-1 TAHUN DALAM PEMEROLEHAN BAHASA
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.6.2.228-236Kata Kunci:
fonologi, pemerolehan bahasa, berbicara anakAbstrak
Bayi dalam beberapa bulan akan mengalami perkembangan berbicara mulai dari menangis, berteriak, pengucapan satu kata hingga satu kalimat bahkan satu paragraf. Jika melihat realita saat ini menunjukan kemampuan anak dalam memperoleh bahasa masih lemah. Untuk itulah, peneliti bertujuan untuk mengetahui pemahaman yang mendalam terkait dengan panggilan pertama dari anak untuk orang tuanya dalam kajian fonologi dan psikologi. Dalam tahapan perkembangan bicaranya, kira-kira panggilan apakah yang lebih dulu terucap dari bibir kecilnya itu? Apakah ayah atau ibu yang menjadi kata pertamanya? Apakah benar bahwa anak lebih dulu bisa memanggil “Ayah” dibanding “Ibu”? dan apakah hal itu terjadi begitu saja, atau adakah faktor yang mempengaruhi di balik pengalaman pertama si kecil dalam memanggil orang tuanya. Juga apakah orang tua berperan dalam menentukan perbedaan kemampuan anak untuk memanggil orang tuanya. Walaupun seiring berjalannya waktu, nantinya anak juga bisa memanggil orang tuanya dengan panggilan lengkap. Orang tua seharusnya memahami tahap-tahap berkembangan bahasa anak sepenuhnya dan mengetahui perannya dalam memberi stimulus perkembangan bahasa anak.Referensi
Andini, H. (2018). Pemerolehan bahasa indonesia pada anak usia 0-2 tahun: kajian psikolinguistik. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 15(1), 45-52.
Aziz, M. T. (2016). Asal Usul Bahasa Dalam Perspektif al-Qur’an Dan Sains Modern. Utile: Jurnal Kependidikan, 2(2), 125-149.
Khotami, A. H. (2020). Ungkapan Emosi pada Anak Usia 1 Tahun 6 Bulan dalam Kajian Psikolinguistik. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya, 7(1), 119-129.
Andini, H. (2018). Pemerolehan bahasa indonesia pada anak usia 0-2 tahun: kajian psikolinguistik. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 15(1), 45-52.
Sari, M., & Effendi, D. (2022). Analisis Kajian Fonologi Pada Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-3 Tahun. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 78-88.
Lafamane, F. (2020). FONOLOGI (Sejarah Fonologi, Fonetik, Fonemik).
Nadirah, S. P., Pramana, A. D. R., & Zari, N. (2022). METODOLOGI PENELITIAN Kualitatif, Kuantitatif, Mix Method (Mengelola Penelitian Dengan Mendeley dan Nvivo). CV. Azka Pustaka.
Wahidah, B. Y. K. (2023). VARIASI PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA PADA ANAK DI LINGKUNGAN KELUARGA TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK. JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION, 4(1), 282-287.
Indah, R. N. (2017). Gangguan berbahasa: Kajian pengantar.
Sovia, E. (2015). Buat Anak Anda Jago Eksakta!: Rahasia Membuka Kecerdasan Eksakta sejak Dini. DIVA PRESS.
Azijah, I., & Adawiyah, A. R. (2020). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak: Bayi, Balita, dan Usia Prasekolah. Penerbit Lindan Bestari.
Sovia, E. (2015). Buat Anak Anda Jago Eksakta!: Rahasia Membuka Kecerdasan Eksakta sejak Dini. DIVA PRESS.
Rumbaroa, R. H. (2021). Urgensi Memahami Perkembangan Bahasa Anak. Lingue: Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra, 2(2), 72-79.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).