PEMBENTUKAN SINGKATAN BAHASA GAUL
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.7.2.120-127Kata Kunci:
Bahasa Gaul, Pembentukan, SingkatanAbstrak
Penelitian ini menjelaskan pembentukan singkatan bahasa gaul dalam media sosial Tiktok dan Instagram. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola pembentukan singkatan pada satu kata, dua kata atau lebih dalam media sosial Tiktok dan Instagram. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pola singkatan satu kata, dua kata atau lebih. Data ini di ambil dari media sosial Tiktok dan Instagram karena platform tersebut merupakan alat komunikasi yang fleksibel untuk kaum remaja dan menjadi tren dalam penyebaran singkatan bahasa gaul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan secara mendalam tentang fenomena singkatan bahasa gaul. Ciri-ciri penelitian ini mendeskripsikan hasil data berupa singkatan bahasa gaul yang ditemukan dalam media sosial dengan melakukan pengamatan dan analisis terhadap penggunaan singkatan tersebut. Teknik dokumentasi yang di gunakan dalam pengumpulan data dengan cara mengumpulkan dan merekam data-data singkatan bahasa gaul yang ditemukan dalam konten media sosial Tiktok dan Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pola singkatan bahasa gaul pada satu kata, dua kata atau lebih dengan variasi yang beragam. Berdasarkan dari hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pembentukan singkatan bahasa gaul ditemukan dua bentuk pola singkatan yaitu bentuk pola singkatan yang tidak beraturan dan bentuk pola singkatan beraturan yang terbentuk dari pengambilan huruf awal, huruf tengah, atau kombinasi lainnya dari kata aslinya.Referensi
Anindya, W. D., & Rondang, V. N. (2021). Bentuk Kata Ragam Bahasa Gaul di Kalangan Pengguna Media Sosial instagram. Prasasti, Journal of Linguistics, 6(1).
Anggini, N., Afifah, N. Y., & Syaputra, E. (2022). Pengaruh Bahasa Gaul (SLANG) Terhadap Bahasa Indonesia Pada Generasi Muda. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 143-148.
Azizah, A. R. A. (2019). Penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa gaul di kalangan remaja. Jurnal Skripta, 5(2).
Chaer. A. (2015). Morfologi Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: Kanisius.
Febrianti, Y. F. (2021). Penggunaan bahasa gaul terhadap eksistensi bahasa Indonesia pada masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 43-48.
Goziyah, d. (2019). "Bahasa Gaul (Prokem) Generasi Milenial dalam Media Sosial". Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Goziyah, G, &. (2019). Bahasa Gaul (Prokem) Generasi Milenial dalam Media Sosial. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, (pp. 120-125).
Haq, C. d. (2021). Variasi Bahasa dalam Media Sosial Twitter. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 3 No.1.
KBBI Daring. (2016). Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Macarthy, A. (2015). 500 Social Media Marketing Tips. Wales: Andrew Macarthy.
Muliawati, H. (2017). Variasi Bahasa Gaul pada Mahasiswa Unswagati Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun 2016. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 42-53.
Prasasti, R. (2016). Pengaruh bahasa gaul terhadap penggunaan bahasa Indonesia mahasiswa Unswagati. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 18(3), 114-119
Ridlo, M., Satriyadi, Y., Nasution, A. H., & Arandri, N. A. (2021). Analisis pengaruh bahasa gaul di kalangan mahasiswa terhadap bahasa Indonesia di zaman sekarang. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 561-569.
Sari, N. M., & Siagian, I. (2023). Dampak Penggunaan Bahasa Gaul yang Menjadi Bahasa Superior Masyarakat Terhadap Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2596-2600.
Zein, D., & Wagiati. (2018). Bahasa Gaul Kaum Muda sebagai Kreativitas Linguistis Penuturnya pada Media Sosial di Era Teknologi Komunikasi dan Informasi. Jurnal Sosioteknologi,17(2), 235–245.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).