EFEKTIVITAS METODE OUTDOOR STUDY DENGAN MUSIK KLASIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PUISI
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.1.1.55-64Abstrak
Penulisan jurnal ini dilatarbelakangi oleh keinginan penulis untuk mengetahui Efektivitas Metode Outdoor Study dengan Musik Klasik terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur Puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 87 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan True Eksperimental Design. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Outdoor Study dengan musik klasik terhadap kemampuan menganalisis unsur puisi siswa dibandingkan dengan tidak menggunakan metode Outdoor Study dengan Musik Klasik. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 87 Jakarta yang berjumlah 215 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa, dengan 36 kelas eksperimen dan 36 kelas kontrol. Setelah divalidasi instrumen didapatkan valid data berdistribusi normal dan homogen. Hasil dari uji hipotesis menunjukan thitung sebesar 17,70 lebih besar dari ttabel sebesar 1,99 (thitung > ttabel). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Outdoor Study dengan musik klasik terhadap kemampuan menganalisis unsur puisi siswa lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan metode Outdoor Study dengan musik klasik.Kata Kunci: Outdoor Study, Musik Klasik, Unsur Pembangun Puisi.##submission.downloads##
Diterbitkan
2018-05-22
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).